Kini Saatnya Untuk Peduli Terhadap Keanekaragaman Hayati Indonesia

29 August 2014
1530 Views
Comments are off for this post

Kompetisi QLA (Quarry Life Awards) yang diadakan mulai bulan Januari 2014 mengantarkan mahasiswa program studi Biologi (Bioteknologi) Universitas Al-Azhar Indonesia yang diketuai oleh Geo Septianella bersama 5 anggota lainnya yaitu Fatihah Dinul Qayyimah, Lulu’ Nisrina, Resti Aulunia, Rosnaeni, dan Yusuf Baskoro. Kompetisi penelitian ilmiah ini bertujuan untuk mengembangkan upaya penerapan terbaik (best practices) dan meningkatkan kesadaran terhadap nilai luhur keanekaragaman hayati dalam lahan tambang. Ini juga merupakan sebuah upaya untuk menunjukkan bahwa kegiatan pertambangan sepenuhnya berjalan dengan perlindungan alam.

Team dari Universitas Al-Azhar Indonesia ini merupakan satu-satunya Team dari Universitas Swasta di Indonesia yang lolos dalam 5 besar kompetisi QLA National ini, dan merupakan team termuda dari 4 tim lainnya. Penelitian mereka mengusulkan topik Keanekaragaman hayati di daerah tambang dengan judul “ Hubungan Vegetasi Tanaman dengan Keanekaragaman Odonata di Quarry Palimanan, Cirebon, Jawa Barat”. Alasan mereka menjadikan Odonata (Ordo dari Capung) sebagai objek penelitian mereka, karena Odonata merupakan bioindikator perairan, predator alami untuk hama, serta pengendali penyakit demam berdarah. Mereka ingin melihat apakah ada hubungan keberadaan Odonata dengan vegetasi tanaman di Lokasi Pertambangan.

Penelitian ini juga diikutsertakan di Internasional dan bersaing dengan 18 negara antara lain (Australia, Bosnia, Benelux,Czech Republic, Georgia, Germnay, Ghana, Kazakhastan, North America, Northern Europa, Polland, Rumania, Rusia, Spain, Tanzania, Turkey, Ukraine, dan United Kingdom).

Penelitian ini dapat membantu menginvetarisasi keanekaragaman capung serta dapat menjadi dasar sebagai upaya konservasi capung di PT. Indocement Quarry Palimanan Cirebon.

Penelitian ini membutuhkan dukungan berupa voting dari bapak, ibu, dan teman-teman semuanya untuk dapat bergabung dalam mendukung penelitian mereka di Kompetisi QLA Internasional ini. Penelitian mereka bisa dilihat dan divote di link berikut :

http://www.quarrylifeaward.com/project/odonata-diversity-relationship-plant-vegetation-diversity-palimanan-quarry-cirebon-west-java

Dengan cara membuka link tersebut,

Lalu, klik bintang ke-5 serta bisa bantu share penelitian mereka via social media.

Terima Kasih atas dukungan dari bapak, ibu, serta teman-teman sekalian.

Geo2

 

geo 4