Kunjungan 13 Orang Mahasiswa Asia University Jepang dan Diskusi Pemahaman Budaya Jepang dan Indonesia

15 September 2014
1319 Views
Comments are off for this post

Kunjungan 13 Orang Mahasiswa Asia University Jepang dan Diskusi Pemahaman Budaya  Jepang dan Indonesia

Jakarta – Pada Senin 8 September Universitas Al Azhar Indonesia disambangi oleh 13 orang murid dari Asia University Jepang yang didampingi oleh seorang tenaga pengajarnya. Kedatangan mereka bertujuan untuk berdiskusi tentang budaya Jepang dan Indonesia, sehingga dapat saling lebih memahami.

Kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara Program Studi Sastra Jepang dari Universitas Al Azhar Indonesia dengan Asia University Jepang. Pada kegiatan tersebut para mahasiswa Prodi Sastra Jepang mengajak mahasiswa Jepang mengelilingi kampus UAI dan masjid Agung Al Azhar. Setelah itu para Mahasiswa asal Jepang tersebut berbaur dengan mahasiswa sastra Jepang universitas Al Azhar Indonesia dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang keragaman budaya negara mereka masing-masing menggunakan sketchbook. Diskusi dilakukan dalam bahasa Jepang, sehingga mahasiswa Indonesia dapat mempraktekkan kemampuan bahasanya.  Tema yang diangkat pada diskusi ini adalah streotipe, makanan, hal yang sedang terkenal di kedua negara, fasion, lagu, makanan, kehidupan sehari-hari, liburan, Anime, dll. Setelah berdiskusi di dalam grup, masing-masing perwakilan grup dari kedua negara mempresentasikan hal-hal yang dipikir menarik dari hasil diskusi. Salah satu yang menarik bagi mahasiswa Jepang adalah bahwa mahasiswa Indonesia jarang yang bekerja paruh waktu. Hal ini berbeda sekali dengan di Jepang. Selain itu mahasiswa Jepang juga tertarik dengan hobi anak muda Indonesia yang melakukan selfie dengan menggunakan Tongsis. Sedangkan mahasiswa Indonesia sangat tertarik dengan kebiasaan tepat waktu orang-orang Jepang.

Pada kesempatan ini, grup angklung Sastra Jepang UAI Kizuna Melody tampil dan memainkan lagu “Hana Wa Saku” . Di akhir acara, mahasiswa Jepang mengajarkan kaligrafi Jepang kepada mahasiswa Indonesia, dan dilanjutkan dengan makan malam bersama.