Penutupan Program Bahasa dan Budaya Indonesia untuk Mahasiswa Asia University 2014

17 September 2014
1011 Views
Comments are off for this post

Jakarta – Kerjasama yang dilakukan oleh Fakultas Sastra Jepang Universitas Al Azhar Indonesia dengan Asia University Jepang berupa pertukaran pelajar telah berlangsung selama tiga tahun, termasuk tahun 2014 ini. Seperti pada dua tahun sebelumnya, tahun  ini, Prodi sastra Jepang membuka kelas Bahasa dan Budaya Indonesia untuk mahasiswa Asia University Jepang dalam program AUGP (Asia University Global Program). Peserta program ini adalah dua orang dan dilaksanakan selama satu bulan.

Pada program ini kedua mahasiswa tersebut belajar bahasa Jepang di kelas maupun di luar kelas dengan melakukan wawancara dengan mahasiswa, pegawai UAI, dan masyarakat umum yang kemudian hasil wawancara tersebut didiskusikan di kelas. Kegiatan pengenalan budaya yang dilakukan diantaranya adalah bermain angklung, study tour ke PT Honda Motor Indonesia, TMII, Saung Udjo, Kawah Putih, Musium Nasional, dll. Di samping itu mereka juga melihat dan  mengikuti lomba untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia di Ancol, yaitu lomba balap karung dan lomba bakiak. Dalam setiap kegiatan ke dua peserta selalu di damping oleh tutor mahasiswa Indonesia sehingga mereka dapat terus mempraktekkan bahasa Indonesia, dan berdiskusi tentang berbagai hal mengenai budaya Indonesia. Para peserta ini tinggal homestay di keluarga mahasiswa Prodi Sastra Jepang UAI, sehingga mereka dapat benar-benar mengenal dan memahami kehidupan sehari-hari orang Indonesia.

Pada acara penutupan AUGP Asia University ini turut di hadiri oleh para Dosen dari Fakultas Sastra Jepang Universitas Al Azhar Indonesia, para mahasiswa dan mahasiswi juga orang tua host family dari kedua mahasiswa tersebut.

Penutupan AUGP Asia University ini berlangsung pada Kamis 11 September 2014 di ruang serbaguna Universitas Al Azhar Indonesia. Permainan angklung dari para mahasiswa dan mahasiswi  Fakultas Sastra Jepang yang juga di ikuti oleh ke dua mahasiswa dari Asia University Jepang ini, turut mengantarkan kedua mahasiswa asal Jepang tersebut untuk kembali ke negaranya dengan berbagai kesan – kesan yang mereka dapatkan selama berada di Indonesia.