Angklung Kizuna Melody UAI Menjalin Persahabatan dengan Jepang Melalui Jak-Japan Matsuri

19 September 2014
1694 Views
Comments are off for this post

Angklung Kizuna Melody UAI Menjalin Persahabatan  dengan Jepang Melalui Jak-Japan Matsuri

Pada tanggal 14 September 2014, Grup Angklung Kizuna Melody Universitas Al Azhar Indonesia kembali tampil pada acara pembukaan Jak-Japan Masturi yang diadakan di Rumah Kediaman Duta Besar Jepang. Pada kesempatan kali ini grup angklung ini berkolaborasi dengan Jakata Koto Club, yang memainkan alat musik tradisional Jepang “koto”.  Grup Angklung Kizuna Melody bersama Jakarta Koto Club memainkan tiga buah lagu. Dua lagu berasal dari Jepang, yaitu “Sakura” dan “Kokoro no Tomo”, serta satu lagu asal Indonesia, yaitu Begawan Solo.

Grup Angklung Kizuna Melody, dibimbing oleh pelatih Bapak Riuh Gumilang. Bapak Riuh Gumilang juga membuat aransemen lagu-lagu yang dimainkan dan menyesuaikan nada alat musik angklung dan koto.

Grup Angklung Kizuna Melody dan Koto Club, adalah penampil pertama dan sebagai pembuka acara yang dihadiri oleh Duta Besar Jepang, Wakil Gubernur DKI Bapak Basuki Tjahaja Purnama, direktur-direktur perusahaan Jepang ternama di Indonesia, dll.

Tepuk tangan yang meriah terdengar pada setiap lagu selesai dimainkan. Pada Sambutannya Bapak Duta Besar Jepang, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Universitas Al Azhar Indonesia yang telah melakukan kolaborasi musik tradisonal Jepang dan Indonesia menjadi alunan yang Indah yang mencerminkan persahabatan dua negara. Beliau juga mengatakan bahwa kolaborasi dua alat musik yang berbeda ini tidaklah mudah untuk dilakukan, oleh karena itu beliau sangat mengapresiasi hasil kolaborasi ini. Lebih lanjut lagi, Duta Besar Jepang juga mengatakan bahwa, alunan lagu yang paling disukai adalah Begawan Solo.

Penampilan Angklung Kizuna Melody dan Koto Club ini juga disiarkan pada Stasiun Televisi Jepang  NHK, dan pada dokumen youtube Pemprov DKI, serta diliput beberapa koran di dalam dan luar negeri.