Ninda Murtisari Meraih Juara satu Lomba Pidato Bahasa Jepang dan Berkesempatan Ke Jepang

23 September 2014
2648 Views
Comments are off for this post

Jakarta – Sabtu, 21 September 2014, Ninda Murtisari mahasiswa Prodi Sastra Jepang angkatan 2011 meraih juara satu Lomba Pidato Bahasa Jepang Osaka Study Aboard  Fair Tingkat Nasional dan mendapat hadiah utama yaitu Jalan-jalan Ke Jepang.

Ninda sebelumnya mengikuti babak penyisihan tinggkat  Jabodetabek yang diadakan di Universitas Negeri Jakarta dan menjadi finalis ke 2.

Tema pidato Ninda kali ini adalah tentang 絆ための意思疎通 “saling mengerti untuk persahabatan “. Ninda menceritakan tentang keterkejutannya akan pertanyaan-pertanyaan mahasiswa Jepang yang datang ke UAI untuk belajar bahasa Indonesia di UAI selama satu bulan. Mahasiswa Jepang tersebut bertanya tentang kebiasaan terlambat, sifat ingin tahu terhadap hal-hal yang dianggap orang Jepang pribadi, dan juga kemandirian mahasiswa UAI. Dari pertanyaan tersebut Ninda menyadari bahwa  hal-hal yang dianggap biasa oleh Ninda, ternyata bagi orang Jepang tidak biasa, demikian juga sebaliknya. Dari sini Ninda tersadar akan perbedaan budaya antara Jepang dan Indonesia. Cita-cita Ninda adalah menjadi Interpreter. Dari pengalamannya berkomunikasi dengan mahasiswa Jepang tersebut, Ninda menyadari bahwa untuk menjadi interpreter yang baik, mempelajari bahasa saja tidak cukup, akan tetapi harus juga belajar  hal-hal yang terkait dengan budaya yang tersembunyi dibalik kata-kata. Oleh karena itu Ninda ingin sekali belajar ke Jepang dan belajar lebih dalam lagi mengenai bahasa dan budaya Jepang.

Pada Lomba Pidato kali ini, Ninda berkompetisi dengan 10 orang mahasiswa dari berbagai Universitas. Juara ke dua pada lomba ini diraih oleh mahasiswa Institute Teknologi Bandung (ITB), dan juara ke tiga diraih oleh mahasiswa Universitas Darma Persada.