Kuliah Umum “Hukum Islam dalam Konteks Indonesia”

17 December 2014
1959 Views
Comments are off for this post

 Jakarta – Indonesia merupakan Negara yang berlandaskan hukum dan tentunya memiliki batasan – batasan tertentu demi menegakkan hukum yang berlaku. Sebagai Negara dengan mayoritas penduduk muslimnya ini Indonesia tentunya juga memiliki hukum-hukum yang terkait dengan syariat islam. Meskipun hukum islam belum benar- benar di tegakan di Indonesia namun setidaknya hal – hal yang berlandaskan hukum islam tersebut tetap di pertahankan.

Berdasarkan hal tersebut Universitas Al Azhar Indonesia berkesempatan mengadakan kuliah umum denagn tema “Hukum Islam dalam Konteks Indonesia” dengan menghadirkan narasumber yaitu Prof.Dr.H.M.Amin Suma, SH,M.A.,M.M beliau merupakan Dekan fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah.

Kuliah umum yang diadakan di Ruang Auditorium Arifin Panigoro Universitas Al Azhar Indonesia ini berlangsung selama kurang lebih tiga jam, dalam kuliah umum ini diisi dengan sambutan oleh Prof. Dr. Nurhayati Djamas, MA, M.si. , juga paparan dari Prof.Dr.H.M.Amin Suma, SH,M.A.,M.M sebagai narasumber dan juga Bapak M. Ghozali Moenawar, Lc., M.Si. sebagai moderator dalam kuliah umum tersebut.

Banyaknya peserta dalam kuliah umum yang merupakan bagian dari mata kuliah Filsafat dan Nilai – Nilai Islam ini membuat beragam pertanyaan dari para peserta bermunculan mengenai prespektif dari hukum islam itu sendiri. Sampai dapat di ambil kesimpulan dari paparan narasumber bahwa “Indonesia merupakan Negara Agama yang berhukum dan Negara hukum yang beragama”.