“Pendidikan PRAMUKA di perguruan tinggi”

17 December 2014
2735 Views
Comments are off for this post

Program PAUD merupakan salah satu bentuk investasi pengembangan sumber daya manusia yang paling strategis karena mereka akan menjadi penggerak pembangunan bangsa dan negara menuju kehidupan yang lebih baik. Menurut para ahli, masa keemasan dalam kehidupan manusia adalah pada usia 0 – 5 tahun, dimana 50 % dari kemampuan seorang manusia disemai pada masa ini, sehingga perlu kiranya pada masa ini seorang anak memperoleh perhatian, rangsangan psikososial, kesehatan, dan gizi yang optimal.

 Pada saat ini PAUD sudah menjadi gerakan masyarakat secara nasional sehingga semakin banyak yang memperhatikan PAUD. Akses untuk mengikuti layanan PAUD pun terus meluas namun belum merata mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam latar belakang dan kebutuhan. Tantangan pun bertambah, terutama mengenai keterbatasan jumlah dan mutu pendidik yang memenuhi standar PAUD.

 Berdasarkan hal tersebut maka perguruan tinggi merasa perlu menggiatkan kegiatan kepramukaan khususnya bagi universitas yang memiliki PG PAUD, yang akan bekerjasama oleh (SAKA) Widya Budaya Bakti. Sebagai salah satu Universitas yang memiliki Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Al Azhar Indonesia turut berkontribusi dalam mengadakan seminar dengan mengusung tema Sosialisasi PRAMUKA di perguruan tinggi “Melalui Pramuka Kita Tingkatkan Kepedulian Terhadap Anak Usia Dini. Kegiatan seminar yang diadakan pada Jumat 19 Desember 2014 ini dibuka oleh Sambutan dari Dekan FPP Dr. Fidesrinur, M.Pd, Dr. Erman Syamsuddin, dengan menghadirkan narasumber yaitu Perwakilan Dit.Jen Dikti, dan Perwakilan Kwarnas yang ditutup dengan pembacaan doa dari Suwardi, M.Pd.