KULIAH UMUM FAKULTAS PSIKOLOGI “SCHOOL READINESS”

1 April 2015
2108 Views
Comments are off for this post

Jakarta – Melihat pentingnya mempersiapkan berbagai hal bagi anak sebelum ia mamasuki sekolah menjadi sebuah konsentrasi khusus bagi Fakultas Psikologi dan PG PAUD Universitas Al Azhar Indonesia, sehingga menginspirasi untuk membuat sebuah kuliah umum yang bertema “School Readiness”.

Kuliah umum yang berlangsung pada Senin 31 Maret 2015 ini menghadirkan Dr. Rose Mini AP, MPsi. Psikolog sebagai narasumber. Biasa dipanggil Bunda Romi, beliau banyak memberikan paparan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan oleh para orang tua sebelum mereka mengambil keputusan untuk mulai menyekolahkan anaknya, sebagai contoh orang tua harus banyak melatih sensor motorik halus dan motorik kasar dengan cara yang sederhana dan menggunakan berbagai property yang ada di sekitarnya.

Pemaparan mengenai hal tersebut menjadi suatu pengetahuan baru bagi para mahasiswa Psikologi dan PG PAUD dikarenakan nantinya mereka akan berinteraksi langsung dengan anak-anak yang baru memulai untuk mencoba mengeksplorasi berbagai hal mengenai pendidikan dan juga lingkungan sekitar sehingga mereka juga harus mempelajari lebih dalam mengenai berbagai karakter anak-anak di usia-usia tertentu.

Berbagai pertanyaan diberikan mahasiswa kepada narasumber, salah satu mahasiswa yang juga berprofesi sebagai guru matematika juga turut bertanya mengenai peranya sebagai guru dalam mendidik anak apabila si anak tidak dapat menguasai matematika dengan baik lalu apa yang harus dilakukan? Dan narasumber menjelaskan bahwa kemampuan tiap-tiap anak berbeda sehingga tidak selamanya setiap anak di bentuk dengan pelajaran tertentu dan dia akan menguasai pelajaran tersebut.

Kuliah umum yang berlangsung selama dua jam ini tentunya banyak memberikan pengetahuan dan pengalaman berharga bagi para mahasiswa bahwa dalam menghadapi anak-anak harus penuh dengan kehatihatian dan kemampuan berkomunikasi yang baik sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat dicerna oleh si anak dengan baik.