HAM DAN DEMOKRASI DALAM PRESPEKTIF PEMIKIRAN ISLAM

15 April 2015
2403 Views
Comments are off for this post

Jakarta – Terdapat makna yang sangat luas apabila membicarakan terkait demokrasi dan demokrasi itu sendiri memiliki banyak kaitan dengan Hak Asasi Manusia. Melihat keterkaitan dalam dua hal tersebut membuat bermunculan berbagai prespektif-prespektif yang dapat dilihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Salah satunya merupakan suatu prespektif dari pemikiran islam yang diutarakan oleh Bapak Prof. Dr. Jimly Assiddiqie. SH.

Bapak Prof. Dr. Jimly Assiddiqie. SH. Menyampaikan berbagai Prespektif Pemikiran Islam terkait HAM dan Demokrasi dalam Kuliah umum yang diadakan pada Selasa 14 April 2015 di Auditorium Arifin Panigoro Universitas Al Azhar Indonesia dengan mengangkat tema “HAM DAN DEMOKRASI DALAM PRESPEKTIF PEMIKIRAN ISLAM”. Dalam kuliah umum yang berlangsung selama dua jam ini berbagai paparan di jelaskan oleh narasumber, tentunya manusia memiliki hak dan kewajibanya juga kebebasan dalam berbagai hal namun islam memandang hal tersebut tentunya dengan pertanggung jawaban yang sangat besar agar senantiasa dapat diamalkan dan menjadi manfaat bagi banyak orang.

Para generasi muda tentunya berperan penting dalam menciptakan pola demokrasi yang memiliki efek positif bagi bangsa dan Negara ini oleh karena itu sebagai Negara yang memiliki mayoritas adalah masyarakat muslim maka marilah membangun bangsa ini dengan menjunjung tinggi dasar agama dan juga kedamaian dalam cerminan saling menghargai satu sama lain.

Banyak keingintahuan dari para mahasiswa yang hadir dalam kuliah umum tersebut sehingga timbul berbagai pertanyaan yang kritis mengenai HAM dan Demokrasi di Indonesia maupun di Negara lain dalam sudut pandang agama islam.

Kuliah umum yang dihadiri oleh berbagai mahasiswa dari beberapa Fakultas di Universitas Al Azhar Indonesia ini tentunya diharapkan dapat menanamkan jiwa yang peduli terhadap kaidah kaidah islam dan mengimplementasikan dalam berdemokrasi juga berjuang untuk keadilan HAM tentunya dengan cara-cara yang positif.