Short Diplomatic Course, Basics of Protocol & the International Etiquettes and Table Manner 2015 oleh Korps Mahasiswa Hubungan Internasional

28 May 2015
2233 Views
Comments are off for this post

Jakarta – Pada tanggal 2-3 Mei 2015 lalu, dari Divisi Akademik Korps Mahasiswa Hubungan Internasional (KOMAHI) mengadakan Short Diplomatic Course, Basics of Protocol & the International Etiquettes and Table Manner 2015 dimana acaranya ini berlangsung di dua tempat yang berbeda. Hari pertama dengan rangkaian acara Short Diplomatic Course Sabtu, 2 Mei 2015  berlangsung di Universitas Al-Azhar Indonesia ruang 516-517 dan pada hari kedua dengan rangkaian acara Basics of Protocol & the International Etiquettes and Table Manner Minggu, 3 Mei 2015 berlangusng di Grand Sahid Jaya Hotel. Acara ini sendiri diketuai oleh Khadaffi Fajrin, selaku ketua pelaksana Short Diplomatic Course, Basics of Protocol & the International Etiquettes and Table Manner 2015. Acara ini dihadiri oleh dosen-dosen pengajar dari prodi Hubungan Internasional Universitas Al-Azhar Indonesia baik oleh Bapak Nizar Umar, Heri Herdiawanto, R.Mokhamad Luthfi, Ahmad Ma’rufi dan Nanda Avalist. Juga turut dihadiri oleh Drs. Dempo Awang Yuddie, beliau merupakan seorang Fungsional Pusdiklat Kemlu RI, selaku pemberi materi Basics of Protocol & the International Etiquettes.

Tujuan dan Manfaat Short Diplomatic Course antara lain:
Tujuan Manfaat
Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan bernegosiasi. Mahasiswa/i diharapkan mendapatkan wadah yang tepat untuk mengasah kemampuan mereka dalam berkomunikasi secara formal dan juga cara bernegosiasi yang baik dan benar.
Memberikan pengalaman tentang bagaimana diplomat bekerja. Mahasiswa/i diharapkan mendapatkan gambaran bekerja sebagai diplomat dalam memperjuangkan kepentingan nasionalnya.
Memperkaya pengetahuan tentang isu-isu internasional. Mahasiswa/i diharapkan dapat bertukar informasi tentang isu-isu internasional yang hangat pada saat ini dan menambah wawasan mereka tentang berbagai isu internasional.

Sedangkan dalam Basics of Protocol & the International Etiquettes  penggunaan tata cara atau sikap  saat  berada  di  meja  makan yang disesuaikan dalam etika sopan santun dan etiket Internasional. Sedangkan Table Manner salah satu tata cara berdiplomasi yang digunakan  untuk menjamu atau mengundang Negara  lain  untuk  bertamu  ke  Negara  lainnya, guna  melakukan diplomasi. Makan  adalah  alat bantu  komunikasi,  paham  etiket  di  meja  makan mempermudah kita dalam pergaulan. Dalam acara jamuan makan, tata cara makan atau Table Manner merupakan hal  utama yang penting  diperhatikan.    Tata  cara  makan menunjukkan sifat individu yang sebenarnya.

Tujuan Basics of Protocol & the International Etiquettes and Table Manner
Mahasiswa/i dapat mempelajari dan memiliki keterampilan dan etika tata cara makan dan minum secara internasional dengan baik dan benar.
Mahasiswa/i mendapat pengetahuan dan pengalaman cara berprilaku sebagai seorang diplomat yang baik dan benar.
Mahasiswa/i dapat  meningkatkan  pemahaman  Table  manner secara  baik dan membentuk calondiplomat yang kaya dengan ilmu pengetahuan.