Studium Generale Oleh Dr. Hamdan Zoelva, SH, MH.

8 June 2015
1662 Views
Comments are off for this post

Jakarta – Fakultas Hukum Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) berkesempatan mengadakan Studium Generale pada Senin 8 Juni 2015 dengan mengangkat tema “ Politik Hukum Ekonomi Islam dalam Konteks Konstitusi “. Dengan mengangkat tema tersebut  Fakultas Hukum UAI menghadirkan narasumber yang sangat kompeten dalam menjelaskan tema yang diangkat, narasumber yang dihadirkan ialah Dr. Hamdan Zoelva, SH, MH.

Dr. Hamdan Zoelva, SH, MH. Merupakan Mantan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi periode 2013-2015  menggantikan Akil Mochtar yang di berhentikan karena terlibat kasus suap sengketa pilkada Kabupaten LebakBanten. Dalam kuliah umum yang berlangsung selam dua jam ini beliau banyak menjelaskan terkait hukum ekonomi islam dan konstitusi di Indonesia.

Sebagai Negara dengan mayoritas penduduk muslim ini tentunya hukum yang berlandaskan islam sangat diperhatikan oleh masyarakat di beberapa wilayah di Indonesia, beliau mengambil contoh sebagaimana yang terjadi di Aceh hukum Negara dan hukum islam sama-sama ditegakan sehingga ada rasa takut bagi masyarakatnya apabila melanggar hal tersebut, namun tentunya tidak di semua wilayah di Indonesia hal tersbut dapat di aplikasikan.

Peserta pada kuliah umum tersebut yang semuanya merupakan mahasiswa Fakultas Hukum ini sangat antusias dengan narasumber yang hadir, melihat sepakterjang Dr. Hamdan Zoelva, SH, MH. dalam dunia Hukum di Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi, berbagai pertanyaan bermunculan terkait tema yang diangkat.

Kuliah umum ini diakhiri dengan pemberian cinderamata kepada narasumber dan para mahasiswa juga dosen Fakultas Hukum UAI berfoto bersama Dr. Hamdan Zoelva, SH, MH. diharapkan kuliah umum ini dapat memperluas wawasan bagi para mahasiswa perihal keadaan hukum di Indonesia.