Dialog Bersama Prof.Mitsuo Nakamura

18 August 2015
1992 Views
Comments are off for this post

Jakarta – Mitsuo Nakamura merupakan seorang antropolog kebudayaan dan Profesor Emeritus antropologi di Chiba University dengan spesialisasi dalam mempelajari perkembangan social islam di Indonesia. Pria kelahiran 1933 ini terlahir dari keluarga beragama kristiani di wilayah Manchuria, Jepang namun ia memiliki ketertarikan dalam mempelajari perkembangan dan budaya islam terutama di Indonesia.

Dengan pengetahuan dalam penelitian terkait islam di Indonesia beliau turut membagikan berbagai pengetahuan yang dimilikinya dalam dialog yang diadakan di Universitas Al Azhar Indonesia pada Selasa 18 Agustus 2015. Dengan mengangkat tema “Personal Impression on the Muktamars NU and Muhammadiyah with their themes” Prof. Nakamura banyak menjelaskan terkait pandangan pribadi beliau ketika menghadiri kedua muktamar tersebut.

Menurut beliau jelas terlihat perbedaan dari kedua organisasi islam tersebut dimana keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Dialog yang berlangsung selama dua jam ini juga turut dihadiri oleh jajaran Pimpinan dari Yayasan Pesantren Islam Al Azhar juga Rektor Universitas Al Azhar Indonesia dan jajaranya.

Berbagai pertanyaan bermunculan dari para peserta dialog yang diantaranya adalah para dosen dari beberapa Universitas, kegiatan dialog ini diakhiri dengan pemberian plakat dan cindramata yang diwakili oleh Rektor UAI Prof. Dr. Ir. Sardy Sar, M.Eng.Sc.

Download Kesan atas Muktamar NU & Muhammadiyah