Seminar ASPBJI Jabodetabek ke-15 di Universitas Al Azhar Indonesia

21 September 2015
1822 Views
Comments are off for this post

Pada hari Sabtu, tanggal 19 September 2015, telah diselenggarakan Seminar Asosiasi Studi Pendidikan Bahasa Jepang Indonesia (ASPBJI) Jabodetabek ke-15 di Universitas Al Azhar Indonesia. Seminar ASPBJI yang ke-15 kali ini bekerja sama dengan Program Studi Sastra Jepang Universitas Al Azhar Indonesia serta The Japan Foundation, Jakarta.

Tema seminar kali ini adalah “ Metodologi Pengajaran dengan Teknik  Peer Learning”.  Sebagai pembicara utama adalah Prof. IKEDA Reiko dari Tottori University, Pd.D., Japan, dan Prof. KAMIMURA Hatsumi Ph.D., dari Tokyo Metropolitan University, Japan.

Peserta seminar adalah pengajar bahasa Jepang dari berbagai perguruan tinggi, SMA/SMK, kursus bahasa Jepang di wilayah Jabodetabek, dan pengajar bahasa Jepang dari Riau dan Malaysia, sejumlah 80 orang.

Seminar dibuka oleh Rektor Universitas Al Azhar Indonesia, Prof. Dr. Sardi Sar, M.Eng.Sc. Paruh awal seminar berisi penjelasan mengenai peer learning, dilanjutkan dengan workshop peer learning yang dibimbing oleh Prof. IKEDA Reiko dan Prof. KAMIMURA Hatsumi. Pada paruh akhir dari seminar, diadakan diskusi grup roundtable yang dipandukan oleh fasilitator dari 9 perguruan tinggi di Jabodetabek (UAI, STBA LIA, STBA JIA, UHAMKA, UNSADA, PAKUAN, UNJ, BINUS, UNAS).

Seminar dan workshop kali ini, diharapkan dapat memperdalam pemahaman pengajar bahasa Jepang mengenai peer learning, menyumbangkan ide-ide baru untuk pengajaran bahasa Jepang terkait dengan peer learning, dan memunculkan semangat untuk melakukan kegiatan peer learning di kelas. Lebih jauh lagi, dengan diselenggarakan seminar ini, diharapkan dapat membantu peningkatan kualias pengajaran bahasa Jepang di Indonesia, khususnya di wilayah Jabodetabek.