DISKUSI KPK DAN MASA DEPAN PEMBERANTASAN KORUPSI

22 September 2015
1663 Views
Comments are off for this post

KPK merupakan anak kandung emas reformasi yang hadir karena kebutuhan bangsa dalam menyelesaikan persoalan korupsi yang merajalela. Peran dan tanggung jawab yang besar KPK dapat ditunaikan dengan baik pada masa-masa awal keberadaannya. Namun demikian tidak semua pihak menyambut gembira akan kehadiran dan peran KPK tersebut. Banyak pihak yang merasa kepentingannya terganggu,  melakukan serangan balik terhadap KPK baik secara pribadi maupun instiusional.

Gagasan-gagasan pelemahan KPK terus menerus digaungkan, namun demikian masyarakat yang peduli dengan persoalan korupsi di negeri ini, terus mendorong KPK untuk tetap eksis dan berperan lebih besar lagi dalam penanganan korupsi.

Isu-isu seputar konflik KPK dengan institusi penegak hukum lain perlu secepatnya diselesaikan tanpa harus berakhir pada penghapusan KPK sebagai institusi penegak hukum. Sebagai lembagai yang lahir dari sebuah perjuangan reformasi KPK harus tetap steril dari intervensi partai politik manapun sehingga dia tidak pandang bulu dalam menyelesaikan persoalan korupsi.

Saat ini Panitia Seleksi Komisioner KPK telah memilih 8 calon ketua KPK. Harapan kita para ketua KPK ini dapat mempertahankan integritas KPK sebagai lembaga yang kredible dan dapat menuntaskan persoalan-persoalan korupsi seoptimal mungkin. Namun demikian kepemimpinan Jokowi juga turut menentukan kredibilitas KPK. Akankah Jokowi tersandera oleh kepentingan-kepentingan elit politik yang mengitarinya sehingga membuat KPK sebagai lembaga yang kerdil, ataukah Jokowi sudah menjadi Presiden Hakiki yang dapat membaca hati nurani rakyat dan kemauan-kemauannya.

Diskusi ini diharapkan dapat memberikan presfektif masa depan KPK dalam penyelesaian korupsi, serta kendala-kendala yang harus dihadapi para komisioner baru baik secara institusional maupun personal.