(Online Scholarship Competition) Ketika Kuliah Gratis Bukan Lagi Impian

28 September 2015
2346 Views
Comments are off for this post

JAKARTA – Angka putus sekolah di Indonesia masih terbilang tinggi, apalagi saat peralihan jenjang dari SMA menuju perguruan tinggi. Faktor ekonomi menjadi alasan utama lulusan SMA/SMK/sederajat terpaksa mengurungkan niat untuk melanjutkan pendidikan.

Berangkat dari keadaan tersebut, portal berita dan video Metrotvnews.com pun membuka kesempatan bagi para pelajar berprestasi dari keluarga tidak mampu untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Para siswa akan memperebutkan 50 beasiswa dari lima perguruan tinggi swasta favorit di Jakarta melalui Online Scholarship Competition (OSC) 2015.

Sebagai kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia, OSC bertujuan memperluas kesempatan bagi para pelajar di seluruh Indonesia untuk bisa bersaing mendapatkan tempat terbaik tanpa harus datang ke Ibu Kota. Hal ini sejalan dengan nilai yang diusung oleh Metrotvnews.com untuk berpartisipasi dalam memajukan pendidikan di Tanah Air.

“Seperti pemberitaan di Metrotvnews.com yang bersifat informatif dan edukatif, OSC diharapkan menjadi sarana bagi generasi muda berprestasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bergengsi di Jakarta secara gratis. Selain itu, OSC juga menjadi wahana bagi kampus untuk semakin berpartisipasi aktif dalam memperluas akses pendidikan,” ujar Wakil Pemimpin Redaksi Metrotvnews.com, Nurfajri Budi Nugroho di Jakarta, Senin (28/9/2015).

Ke depan, Nurfajri berharap, akan semakin banyak perguruan tinggi yang berpartisipasi dalam OSC. Sehingga dapat meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) di jenjang perguruan tinggi.

“Semoga ini bukan menjadi kegiatan pertama dan terakhir tapi bisa berkelanjutan. Jumlah kampus yang berpartisipasi juga diharapkan bisa semakin banyak sehingga semakin banyak pula pelajar yang bisa terbantu untuk melanjutkan pendidikan mereka,” imbuhnya.

OSC 2015 memiliki lima mitra perguruan tinggi, yaitu Universitas Pelita Harapan (UPH), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Universitas Trisakti, dan Universitas Mercu Buana (UMB). Masing-masing kampus memberikan 10 beasiswa S-1 hingga selesai kepada peserta terpilih.

Pendaftaran OSC 2015 dibuka secara online melalui osc.metrotvnews.com mulai 28 September dan berakhir pada 20 November 2015. Namun, hanya pelajar SMA/SMK/sederajat yang merupakan lulusan tahun ajaran 2014/2015 serta 2015/2016 yang dapat mengikuti kegiatan tersebut.