Seminar Al Azhar International of Islamic Psychology “The Essence of Islamic Psychology”

19 October 2015
1536 Views
Comments are off for this post

 

Kehadiran Psikologi Islam di abad ini merupakan salah satu bukti kebangkitan kembali Islam dalam peradaban dunia. Psikologi Islam adalah suatu aliran psikologi yang dibangun atas dasar konsep yang ada dalam sumber ajaran Islam yang mengacu pada Al Quran dan Hadits. Tujuan utama psikologi islam, bukan hanya mengembangkan keseharan mental pada diri dan masyarakat melainkan juga meningkatkan keimanan, ketakwaan, juga mengarahkan perilaku manusia untuk mencapai ridha Allah.

Fakultas Psikologi dan Pendidikan Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) mengadakan Seminar Al Azhar International of Islamic Psychology dengan tema “The Essence of Islamic Psychology” yang berlangsung pada Senin, 19 Oktober 2015 yang menjadi keynote speaker, Prof. Robert Frager, Ph.D (USA), “The Sufi Psychology of Growth, Balance and Harmony”, dan Prof. Dr. Hj. Nurhayati Djamas, APU (Indonesia), “Pyschological Perspective of Islamic Character Building”.

Dalam seminar yang berlangsung di Auditorium Arifin Panigoro, Universitas Al Azhar Indonesia, juga diadakan presentasi paper oleh para akademisi dari berbagai universitas. Seminar yang dimoderatori oleh Dini R. Bintari, M.Psi, dihadiri oleh mahasiswa UAI yang bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap esensi psikologi islam.