Seminar Plagiarisme dalam Prespektif Etika & Hukum

17 November 2015
1523 Views
Comments are off for this post

Jakarta- Universitas Al Azhar Indonesia bersama LP2M berkjesempatan menyelenggarakan seminar dengan menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten di bidang hukum yaitu Bapak Widyo Pramono beliau adalah Jaksa Agung Muda Pengawasan.

Seminar ini mengangkat tema mengenai “Plagiarisme dalam Prespektif Etika & Hukum”. Seminar yang diselenggarakan pada Selasa 17 November 2015 di Auditorium Arifin Panigoro UAI ini turut dihadiri oleh Rektor UAI Prof. Dr. Ir. Sardy Sar, M.Eng.Sc. dan para dosen juga mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia.

Dalam paparanya Bapak Widyo banyak menjelaskan terkait contoh-contoh kasus plagiarism yang seringkali ia temukan dan dilakukan oleh orang-orang yang seharusnya memiliki kompetensi yang tinggi dan tidak seharusnya melakukan tindakan plagiarism tersebut karena tindakan tersebut tentunya akan mendapatkan ganjaran huku,m yang tidak ringan.

Para generasi muda terutama merupakan generasi yang nantinya akan memajukan bangsa dan Negara Indonesia, maka dari itu beliau berpesan para generasi muda untuk jangan sekalipun melakukan kegiatan plagiarism karena akan merugikan diri sendiri dan jelas itu merupakan tindakan yang melanggar hukum tentunya juga merugikan Negara dan mengandung uncur-unsur selayaknya korupsi dan bahkan juga turut masuk dalam pasal KUHP yaitu pasal dalam unsur-unsur pemalsuan dan ancaman pidana hukum 4 tahun juga denda yang tidak sedikit.

Diharapkan dari hasil paparanya dapat membuat tingkat kesadaran para generasi muda semakin meningkat dan menambah ilmu pengetahuan terkait plagiarism di dalam ranah hukum di Indonesia.