“Business Launching” Kegiatan Rutin Proyek Bisnis Prodi Manajemen UAI

22 December 2015
1130 Views
Comments are off for this post

Entrepreneurship lebih dari sekadar memulai sebuah bisnis. Entrepreneurship, dalam arti luas adalah jawaban terhadap munculnya berbagai persoalan sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup yang terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk di negara kita. Di tengah dunia yang berubah begitu cepat, semangat dan jiwa kewirausahaan sangat dibutuhkan setiap organisasi, utamanya dalam menciptakan peluang-peluang baru, menawarkan solusi, dan kolaborasi dengan pihak lain guna mewujudkan visi menjadi kenyataan.

Business Launching ini merupakan salah satu kegiatan belajar yang ada di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) yang terangkum pada mata kuliah Proyek Bisnis Prodi Manajemen Konsentrasi Pemasaran dan Kewirausahaan. Dari usaha yang mereka rintis tersebut diharapkan akan lahir banyak entrepreneur muda di Indonesia. Jiwa entrepreneur yang diharapkan tidak hanya mampu menjawab tantangan zaman saja, tetapi UAI juga mengupayakan pengintegrasian antara pengembangan jiwa entrepreneur dengan praktik nyata.

Bambang Samiono, panitia Bussiness Launching yang juga merupakan dosen Prodi Manajemen UAI, mengungkapkan tahun ini Business Launching telah menginjak tahun ke-8 dan mata kuliah Proyek Bisnis akan kembali menciptakan wirausaha dari lingkungan mahasiswa kampus UAI.  “Tercatat 17 orang peserta untuk 16 usaha yang akan di launching di acara ini.   Acara ini dikemas dalam tiga kegiatan besar diantaranya Lomba Business Plan, Workshop dan Bazar yang mengambil waktu 21-22 Desember 2015”, ungkap Bambang.

Bertemakan “Drive Your Business with Application and Social Media”. Acara yang berlangsung di Auditorium Arifin Panigoro ini akan menghadirkan praktisi yang membesarkan dirinya melalui applikasi serta social media seperti, AMPlified yang akan mengetengahkan application for business, Okti Manessa Dental Clinic dengan bahasan Social Media for Business serta menghadirkan Chintya Fabyola, Putri Indonesia Lingkungan 2015 yang akan memaparkan mengenai Self Branding. Mereka berbicara di depan 200 orang undangan dan pengusaha muda UAI serta beberapa kampus lain. Bussiness Launching ini dibuka oleh Rektor Prof Sardy Sar dilanjuti oleh Prof Ahmad Muslim selaku dekan yang me-launching 16 usaha baru mahasiswa Proyek Bisnis.  Di samping itu, dalam acara ini akan diumumkan pemenang lomba Business Plan.  Hadir dalam acara ini, wakil dekan, kaprodi manajemen, dan beberapa dosen dari kalangan UAI.