Mahasiswa Fakultas Hukum UAI Juarai TBM Se-Kota Tangerang

22 December 2015
1033 Views
Comments are off for this post

Buku adalah jendela dunia. Ungkapan ini belum dipraktekan sepenuhnya oleh masyarakat indonesia. Walaupun berdasarkan litbang kompas angka melek huruf telah mencapai 93 persen. Kebiasaan membaca buku warganya masih kurang lama dibandingkan degan penduduk di beberapa negara Asia.

Dalam mendukung daya saing bangsa fakultas hukum UAI mengadakan pengabdian masayarakat di sekitar Masjid Al Muhajirin Slipi Jaya, Jakarta Barat. Program ini adalah inisiasi dari angkatan FH 2014 dalam melaksanakan tugas nyata di masyarakat mata kulih umum PAI yang di bina oleh Abdullah Hakam Syah bulan juli lalu.

Tujuan dari kegiatan baksos tersebut untuk mendorong minat baca terhadap masyarakat khususnya usia pelajar, hal ini dibuktikan dengan melakukan kampanye KOTA LAYAK ANAK melalui himbauan mematikan televisi pada jam wajib belajar.

Seusai baksos, Alfian Mahardika selaku ketua kegiatan baksos mencoba program ini dapat berkelanjutan dengan membuat taman bacaan masyarakat (TBM) di kota Tangerang, bekerjasama dengan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) BINA BANGSA yang terletak di kampung gaga, larangan selatan. untuk menjadikan masyarakat yang maju dan dapat mengikuti perkembangan globalisasi.

Melihat media sosial yang menjadi ketergantungan masyarakat, membuat minat baca buku sangat kurang apalagi mengunjungi taman bacaan. Perlu adanya suatu inovasi agar menjadikan TBM sebagai magnet dan central of societies activity.

Oleh karena itu, Alfian mengusung inovasi TRASH FOR STUDY (Sampah Untuk Pendidikan) sebuah program bimbel gratis di TBM BINA BANGSA yang dibayar dengan sampah (daur ulang). Targetnya adalah usia pelajar dan masyarakat. Mekanisme Pendidikannya sesuai kebutuhan pelajar seperti pelajaran khusus UN serta masyarakat yang bersifat produktif contohnya  demo masak dan daur ulang sampah.

Potensi lokal sekitar TBM tersebut adalah sampah dari masyarakat yg sifatnya dapat didaur ulang dan bermanfaat untuk kebersihan lingkungan serta mengajak masyarakat bermindset SMART

  1. Sehat (perilaku hidup bersih mencerminkan kesehatan)
  2. MAju(Membaca sebagai kunci produktivitas dan bermindset negara maju cth: jepang cerdas dan bersih)
  3. ReligiusiTas (Aplikasi dari kebersihan sebagian dari iman)

Sebagai apresiasi, pemerintah kota Tangerang mengadakan perlombaan karya nyata untuk TBM dan pendidikan non formal dalan mewujudkan kota Tangerang cerdas. Diselenggarakan di PGRI kota Tangerang pada tanggal 09-11 Desember 2015. Dalam hal ini Mahasiswa FH UAI Alfian maju dalam bidang  TBM dan Dolly Indra Nasution bidang Tutor Paket C pada PKBM.

Hasil kerja keras tersebut membuahkan hasil dengan menjuarai 1 dalam bidang TBM dan 3 tutor paket c. Harapannya agar dapat berkontribisi mewujudkan tujuan bangsa Indonesia yang terdapat dalam pembukaan uud 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa.