FPP UAI Mengadakan “Sosialisasi Program Konseling”

23 December 2015
1223 Views
Comments are off for this post

Jakarta-Fakultas Psikologi dan Pendidikan pada 23 Desember 2015 mengadakan Sosialisasi Program Konseling dengan tema “Peran Mahasiswa dalam Penanganan Awal Kasus Narkoba di Lingkungan Perguruan Tinggi”. Dalam acara ini ada empat pembicara dari Dosen FPP UAI, Ibu Dra. Eny Suwarni, M.Si, Psikolog, Bapak Andri Hadiansyah, M.Psi, Ibu Siti Rahmawati, M.Psi, Psikolog, Ibu Nurfadilah, M.Psi.

Penyalahgunaan narkoba yang terjadi di masyarakat memerlukan banyak pihak yang terlibat dalam upaya mengurangi dampak penyalahgunaan narkoba, termasuk mahasiswa sebagai intelektual muda. Adapun upaya yang dapat dilakukan sesuai Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Langkah awal dalam bidang pendidikan, mahasiswa harus memiliki ketertarikan dan memahami bahwa kondisi yang kini terjadi akibat penyalahgunaan narkoba semakin parah, korban setiap tahun terus meningkat dengan dampak terburuk mengalami kematian bila over dosis.

Dengan mahasiswa mengetahui seluk beluk maka mahasiswa tertarik untuk melakukan diskusi, kajian atau penelitian yang hasilnya menjadi rekomendasi bagi pihak-pihak yang terkait. Selain itu mahasiswa melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk aksi membantu penyuluhan kepada masyarakat dan menyebarluakan hasil kajian, diskusi atau penelitian dalam bentuk penulisan populer dengan menggunakan media sosial yang saat ini berkembang. Dengan langkah-langkah pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat artinya mahasiswa menjadi motor penggerak dalam upaya kampus bebas narkoba.