UAI Bersama CEDeS Indonesia Adakan Gathering-Expo Gerakan Wirausaha Muda Kampus

23 December 2015
1759 Views
Comments are off for this post

Jakarta- Dalam pembangunan ekonomi Indonesia, kewirausahaan mempunyai peran yang sangat penting. Semangat kewirausahaan dianggap perlu dibangun sejak dini sebagai fondasi di masa depan agar lapangan kerja semakin terbuka  lebar dengan iklim bisnis yang penuh dengan inovasi. Dengan adanya latar belakang tersebut, Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) bersama CEDeS Indonesia mengadakan Gathering dan Expo “Gerakan Wirausaha Muda Kampus” pada Rabu, 23 Desember 2015.

Gathering dan Expo yang diadakan di Auditorium Arifin Panigoro dihadiri oleh empat narasumber oleh Prof. Dr. Ahmad Intan (Dirjen Menristek Dikti), Zaenul Ula (CEDeS Indonesia), Dindin Sjafruddin (CEDeS Indonesia), Drs. Ponijan M.Pd (Perwakilan Kemenpora), Prof. Dr. H. Kamaruddin Amin, MA (Dirjen Pendidikan Islam Kemenag).

Acara ini dilakukan untuk menumbuhkan semangat wirausaha muda di kalangan mahasiswa terutama untuk mahasiswa UAI. Hal ini dirasa perlu dilakukan karena mahasiswa merupakan tulang punggung masa depan Indonesia ke depan.

“Kewirausahaan adalah salah satu ciri yang  dibangun untuk lulusan UAI karena itu, kami mempunyai mata kuliah wajib yaitu Mata Kuliah Jiwa Kepemimpinan, Kewirausahaan, dan Korporasi (JK3) dan UAI pun memiliki tagline an Enterprising University”, ungkap Ahmad Chirzun, S.T., M.T, Kordinator Mata Kuliah JK3.

Ahmad Chirzun, S.T., M.T., menambahkan dalam acara ini juga dilakukan launching komunitas “Salam UAI Preneur”. Ini merupakan komunitas yang beranggotakan dari mahasiswa dan alumni UAI yang telah menjadi entrepreneur, technopreneur, dan social preneur.

Pada kesempatan ini, Prof. Dr. Ahmad Intan, selaku Dirjen Menristek Dikti, menganggap Perguruan Tinggi tidak hanya menghasilkan lulusan tapi bisa menghasilkan entrepreneur karena lulusan Perguruan Tinggi tidak hanya menjadi jobseeker tapi menciptakan pekerjaan. Hal ini penting karena ini merupakan tujuan kewirausahaan untuk menggerakan ekonomi bangsa.

“Kemenristek Dikti saat ini setiap tahunnya mempunyai program untuk menggalakkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa, pada tahun 2015 ini saja terdapat peningkatan jumlah mahasiswa yang berwirausaha dari dari 2000 mahasiswa menjadi 4000 mahasiswa”, lanjut Prof. Dr. Ahmad Intan.

Pihak CEDeS Indonesia, yang diwakili oleh Zaenul Ula, menjelaskan acara ini diadakan untuk memberikan apresiasi kepada wirausaha muda kampus 2015 yang telah mengikuti mentoring. “Ada tiga mahasiwa terpilih antara lain Nur Anisa yang memiliki usaha es krim sayur, Yudistria yang memiliki usaha kelinci hias, dan Nisa Gumati yang memiliki Es Kuwut Bali”, imbuh Zaenul Ula.

Gathering dan Expo ini diikuti oleh tak kurang dari 400 orang yang dihadiri oleh pimpinan YPI Al Azhar, pimpinan UAI, dosen UAI, dan mahasiwa UAI. Dengan adanya acara ini diharapkan kedepannya dapat berkolaborasi dengan berbagai pihak internal dan eksternal UAI untuk melahirkan wirausaha-wirausaha muda untuk menggerakkan ekonomi bangsa.