Wisuda XIV Universitas Al Azhar Indonesia

3 March 2016
1419 Views
Comments are off for this post

Wisuda adalah suatu proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar pada suatu universitas. Dan, proses inilah yang baru saja dirasakan oleh mahasiswa dan mahasiswi Universitas AL Azhar Indonesia pada Sabtu tanggal 27 Februari 2016 (bertepatan dengan tanggal 18 Jumadil Awal 1437 H). Upacara wisuda yang dipimpin oleh Bapak Dr. Ir. Ahmad H. Lubis, M.Sc. selaku Rektor Universitas Al Azhar Indonesia, mengambil tempat di Gedung Gedung Manggala Wanabakti, JL. Jendral Gatot Subroto, Jakarta 10270

Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) saat ini telah memasuki usianya yang ke-16, usia yang relatif muda untuk menjadi perguruan tinggi yang mapan. Namun, upaya Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar dan Jajaran Pimpinan Universitas telah meletakkan dasar-dasar kampus modern mulai terlihat dan cukup menggembirakan. Hal itu diupayakan terus menerus dengan mewujudkan visi-misi Universitas didukung dengan penerapan prinsip¬prinsip Enterprising University yang progressive berbasis pada; Excellence, Entrepreneurship dan Equity; serta melaksanakan Tujuh Elemen Dasar sebagai competitive advantage UAI secara simultan menuju universitas yang sejajar dengan Perguruan Tinggi lain di tingkat nasional maupun internasional.

Dalam pidato wisudanya, Bapak Rektor menyampaikan bahwa sebanyak 313 orang mahasiswa yang berasal dari 6 Fakultas di Universitas Al Azhar Indonesia mendapatkan gelar sarjanannya dan 28 diantaranya meraih prestasi dengan pradikat “cum laude.” Adapun wisudawan dan wisudawati yang diwisuda pada upacara Wisuda ke 14 UAI tahun 2016 tersebut berasal dari:

1. Prodi Teknik Industri  6 Orang
2. Prodi Teknik Informatika  24 Orang
3. Prodi Teknik Elektro  14 Orang
4. Prodi Biologi (biotek) 8 Orang
5. Prodi Manajemen 31 Orang
6. Prodi Akuntansi  8 Orang
7. Prodi Sastra Arab 11 Orang
8. Prodi Sastra Cina 10 Orang
9. Prodi Sastra Inggris 12 Orang
10.Prodi Sastra Jepang 11 Orang
11.Prodi Bimb. Penyuluhan Islam 4 Orang
12.Prodi PG-PAUD 9 Orang
13.Prodi Psikologi 39 Orang
14.Prodi Ilmu Hukum 13 Orang
15.Prodi Ilmu Hubungan Internasional 42 Orang
16.Prodi Ilmu Komunikasi 71 Orang

Beberapa mahasiswa berprestasi, mahasiswa tersebut adalah :

  • IPK Tertinggi Fakultas Sains dan Teknologi diraih Sdri. Fatimah Ilona Asa Sabsono, Prodi Teknik Informatika, dengan IPK 3,9 sekaligus  juga menjadi wisudawan/wati dengan IPK tertinggi universitas.
  • IPK Tertinggi Fakultas Ekonomi diraih Sdri. Gina Indriyanti, Prodi Manajemen, dengan IPK 3,87.
  • IPK Tertinggi Fakultas Sastra diraih Sdri. Ani Husni Mubarokah, Prodi Sastra Arab, dengan IPK 3,88.
  • IPK Tertinggi Fakultas Psikologi dan Pendidikan diraih Sdri. Rini Purnamasari Yanwar, Prodi Psikologi, dengan IPK 3,86.
  • IPK Tertinggi Fakultas Hukum diraih Sdri. Roro Wanda Ayu Dwi Astini, Prodi Ilmu Hukum, dengan IPK 3,65.
  • IPK Tertinggi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik diraih Sdri. Rina Sabrina, Prodi Ilmu Hubungan Internasional, dengan IPK 3,86. Sekaligus menjadi wisudawan/wati terbaik dan berprestasi se-Universitas

Bapak Rektor dalam pidatonya juga menjelaskan, perlu disadari selama menjadi mahasiswa UAI secara formal, UAI telah membekali pengetahuan dan keterampilan yang memadai sebagai bekal hidup. Dengan modal tersebut, kami yakin saudara mampu bersaing secara kompetitif dan mampu menciptakan lapangan kerja serta melakukan inovasi-inovasi. Karena itu dalam menghadapi spektrum masyarakat luas, diperlukan sikap arif, dengan mengedepankan saling memahami, kebersamaan, dan keharmonisan serta menjaga stabilitas bersama. Sebagai warga negara yang baik, kita harus ikut berpartisipasi membangun Indonesia, berjuang dan berjiwa besar terlepas dari kondisinya yang mungkin belum memuaskan ini. Lulusan UAI harus memiliki sikap optimis terlebih almamater kita sebagai Enterprising University.