HI Mengadakan Kuliah Umum dengan Pembicara Ahli Hukum Maritim AS

2 May 2016
677 Views
Comments are off for this post

Ashley Roach, Ahli Hukum Maritim dari AS berkunjung ke Universitas Al Azhar Indonesia untuk memberikan kuliah umum. Dalam kuliahnya, mengenai Laut Tiongkok Selatan, ia menyampaikan sengketa yang terjadi di kawasan tersebut yang melibatkan empat negara ASEAN, khususnya Filipina. Sengketa Filipina dengan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dalam kasus LTS membuat Filipina memprosesnya hingga Permanent Court of Arbitration (PCA). Mr. Ashley dalam presentasinya menyampaikan terdapat beberapa isu di LTS terkait dengan arbitrase internasional, a.l. mengenai legalitas hukum arbitrase internasional dalam persoalan sengketa maritim, legitimasi pengadilan (tribunal) yang menentukan kepemilikan pulau-pulau karang yang menjadi sengketa, dan implikasi dari berlakunya aturan mengenai maritim di LTS.

Mr. Ashley Roach juga menyarankan agar semua pihak yang bersengketa (termasuk Tiongkok) harus mematuhi hukum internasional mengenai maritim dan menghentikan klaim dan aktivitas yang melanggar hukum (unlawful claim and activity) di wilayah tersebut. Ia juga berharap bahwa ASEAN memperkuat posisinya mengenai LTS dan dapat bertindak secara kolektif, sekaligus menyayangkan tiga negara ASEAN yang berada di posisi Tiongkok dalam proses penyelesaian sengketa ini. Adapun bagi Amerika Serikat (AS), akan mendukung penuh ASEAN dalam upaya mempertahankan Kebebasan Bernavigasi (Freedom of Navigation) di perairan manapun, termasuk di LTS.

Kuliah umum pada Jumat 29/04 ini terselenggara atas kerjasama Program Studi Ilmu Hubungan Internasional UAI dengan Kedutaan Besar AS di Jakarta dan dihadiri oleh Dekan FISIP, Dosen Prodi HI, dan mahasiswa-mahasiswi HI UAI.