Sharing for Indonesia 2016 oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia

13 May 2016
805 Views
Comments are off for this post

Universitas Al Azhar Indonesia melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) bekerjasama dengan Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Selatan mengadakan Kegiatan Pelatihan Sehari “Sharing for Indonesia” untuk Guru SMA/SMK/MAN dan PAUD/TK. Kegiatan ini dirancang sebagai bentuk pengabdian masyarakat dan implementasi keilmuan para Dosen UAI serta sebagai wujud dari tanggung jawab untuk berbagi informasi, pengalaman dan pengetahuan bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.

Sharing for Indonesia dibuka oleh Rektor Universitas Al Azhar Indonesia, Bapak Dr. Ir. Ahmas H. Lubis, M.Sc dan sambutan dari Ketua LP2M Ibu Nunung Nurhasanah, ST., M.Si. Acara diakhiri dengan penandatanganan dokumen kerja sama yang ditandatangani oleh Rektor UAI dan Ka. Sudin Pendidikan Wilayah I Jakarta Selatan, Bapak Drs. H. Nasrudin, M.Pd.

Sesi I dari Klaster Sains dan Teknologi telah dilaksanakan pada Selasa, 10 Mei 2016 melibatkan Program Studi dari Fakultas Sains dan Teknologi:

  1. Program Studi Teknik Industri membuat Pelatihan Statistika untuk Pengujian Hipotesis menggunakanSoftware SPSS untuk Guru Mata Pelajaran Matematika. (download materi)
  2. Program Studi Teknik Elektro membuat Pelatihan Fisika Aplikatif (Gerak dan Konsep Induksi) untuk Guru Mata Pelajaran Fisika. (download materi)
  3. Program Studi Teknik Informatika membuat Pelatihan Penggunaan E-Learning untuk meningkatkan Minat dan Mutu Proses Belajar Mengajar di Sekolah untuk Guru mata Pelajaran TIK. (download materi)
  4. Program Studi Biologi membuat Pelatihan Teknik Kultur Jamur Sederhana Menggunakan Media Tissueuntuk Guru mata Pelajaran Bilogi. (download materi)

Sesi II, Klaster Pranata Sosial telah dilaksanakan pada Rabu, 11 Mei 2016 melibatkan Program Studi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi:

  1. Program Studi Ilmu Komunikasi membuat Pelatihan Cyber Literacy Mengenai Pornografi untuk Guru  BK dan Guru Mata Pelajaran Agama Islam. (download materi)
  2. Program Studi Hubungan Internasional dan Ilmu Hukum membuat Penataran dan Peningkatan Kapasitas Ketahanan Nasional dalam Dinamika Anomisitas Politik Global untuk Guru Pendidikan Kewarganegaraan. (download materi)
  3. Program Studi Manajemen dan Akuntansi membuat Sosialisasi Penerapan Ekonomi Islam dan Akuntansi Syariah untuk Guru Ekonomi. (download materi)

Sesi III, Klaster Humaniora telah dilaksanakan pada Kamis, 12 Mei 2016 melibatkan Program Studi dari Fakultas Psikologi dan Pendidikan dan Fakultas Sastra:

  1. Program Studi Psikologi & Bimbingan dan PenyuIuhan Islam membuat Pelatihan Konseling Islami sebagai Pendekatan dalam Membantu Menangani Masalah Siswa untuk Guru BK dan Guru Mata Pelajaran Agama Islam. (download materi)
  2. Program Studi PG PAUD membuat Pelatihan Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini “Aplikasi Metode-Metode membaca Permulaan” untuk Guru PAUD/TK. (download materi)
  3. Program Studi Sastra Inggris membuat Pelatihan Metode Pengajaran dan Evaluasi Kemahiran Berbicara dalam Bahasa Inggris (Percakapan) untuk Guru Bahasa Inggris. (download materi)
  4. Program Studi Sastra Jepang membuat Workshop Pengenalan Budaya Jepang Aplikasi Furoshiki untuk Guru, Siswa dan Dosen Bahasa Jepang. (download materi)
  5. Program Studi Sastra China membuat Workshop Karya Seni China Sebagai Penunjang Pembelajaran Bahasa Mandarin untuk Guru Bahasa Mandarin. (download materi)

Selain materi dari Dosen masing-masing program studi di Universitas Al Azhar, acara juga diisi dengan materi dari Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Selatan:

  1. Ibu Dra. Iceu Rufiana, MM., MSi. memberikan materi tentang Sistem Penilaian di Sekolah. (download materi)
  2. Bapak Drs. Parjuangan Lubis, MM. memberikan materi tentang Penumbuhan Budi Pekerti. (download materi)

Semoga kegiatan pelatihan ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta dan menjadi ladang amal yang berkah bagi para Dosen UAI dan kerjasama yang terjalin antara UAI dan Sudin Pendidikan Wilayah I Jakarta Selatan bisa lebih ditingkatkan.

Download juga:

  1. Materi Presentasi Ketua LP2M
  2. Materi Presentasi Promosi dan PMB UAI