Kuliah Umum Oleh Prof. Dr. Abdul Mujib

19 May 2016
954 Views
Comments are off for this post

Jakarta- Kehadiran Psikologi Islam di abad ini merupakan salah satu bukti kebangkitan kembali Islam dalam peradaban dunia. Psikologi Islam adalah suatu aliran psikologi yang dibangun atas dasar konsep yang ada dalam sumber ajaran Islam yang mengacu pada Al Quran dan Hadits.

Pusat Integrasi Islam dan Mata Kuliah Umum UAI Mengadakan Kuliah Umum pada Selasa 17 Mei 2016 di ruang sebaguna dengan tema “Manusia dalam Ragam Perspektif Psikologi, Indigenous dan Islam. Menghadirkan Pembicara Bapak Prof. Dr. Abdul Mujib, M.Ag. M.Si., hadir pula Kepala Pusat Integrasi Islam dan Mata Kuliah Umum Ibu Prof. Dr. Nurhayati Djamas, M.A., APU., Dosen dan 110 mahasiswa dari Fakultas Psikologi dan Pendidikan dan Fakultas Sastra.

Dalam Kuliah ini Prof Mujib Mengatakan Implikasi pemikiran tentang ruh terhadap psikologi antara lain (1) Struktur kepribadian. Manusia terstruktur dari jasad, ruh, qalbu dan nafsu (syahwat yang memiliki sifat bahimiyah dan ghadhab yang memiliki sifat subuiyah). Kepribadian yang baik (muthmainnah) ketika diri dikuasai qalbu yang naturnya mengarah ke ruh, sedang kepribadian yang buruk (ammarah) ketika diri dikuasai nafsu dan setan yang naturnya cenderung ke jasad; (2) Kesehatan mental, psikopatologi dan psikoterapi. Kesehatan mental adalah kesehatan ruhaniah yang mana individu merasa tenang dan tentram dalam menjalankan perintah Allah Swt sehingga mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Sedang psikopatologi (qalb marîd) adalah penyakit hati yang mengganggu psikis dan kesucian diri manusia yang disebabkan oleh dosa dan maksiat, seperti iri, dengki, dendam, kufur dan syirik. Sedangkan psikoterapi (syifa’ al-qulûb) adalah obat hati yang dapat mengembalikan manusia sebagaimana fitrah asalnya dengan taubat, al-Qur’an dan meninggalkan perilaku buruk serta melakukan perilaku baik; (3) Paradigma Psikologi. Psikologi tidak saja berkaitan dengan masalah-masalah empirik-induktif tetapi juga metaempirik-deduktif berdasarkan wahyu ilahi;

Dalam Kuliah umum diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan keimanan, ketakwaan, juga mengarahkan perilaku manusia untuk mencapai ridha Allah.