Kuliah Umum PT AEON Indonesia

27 May 2016
832 Views
Comments are off for this post

Pada tanggal 26 Mei 2016, Prodi Sastra Jepang Universitas Al Azhar Indonesia bekerjasama dengan Pusat Studi Jepang UAI mengadakan kuliah umum dengan narasumber Presiden Direktur PT. AEON Indonesia, Bapak Toyofumi KASHI.Tema kuliah umum kali ini adalah “Industri Retail di AEON”. Pada kesempatan ini bapak Kashi menjelaskan mengenai PT.AEON.

AEON (dibaca ii-yon) adalah sebuah grup retail besar yang saat ini penjualannya telah mencapai delapan puluh miliyar dollar Amerika. Nama AEON sendiri berasal dari bahasa Latin yang berarti “abadi”. Sebelumnya, AEON adalah perusahaan yang didirikan oleh tiga unit perusahaan yang bergabung menjadi satu dengan nama JUSCO (Japan United Stores Company) namun berubah menjadi AEON pada tahun 2001.

AEON memfokuskan bisnisnya di 13 negara di Asia , yang tidak hanya bergerak di bidang retail, melainkan juga di bidang perkreditan. Saat ini, AEON memiliki sekitar 18740 toko dan 440.000 pegawai. Dalam menjalankan bisnisnya, AEON memiliki prinsip dasar yang tidak hanya berupa prinsip semata, namun juga dijadikan tujuan ketika bekerja. Prinsip tersebut adalah perdamaian yang menjunjung tinggi kemanusiaan, serta berkontribusi kepada masyarakat setempat dengan sudut pandang pelanggan.

 AEON menjadi mall pertama yang memiliki konsep seperti Jepang, yang mengutamakan kerjasama dengan masyarakat setempat dalam menjalankan bisnis. Mereka menyebutnya dengan “Berakar di Masyarakat” .

 Saat ini, PT AEON memiliki rencana untuk berekspansi di Jakarta Garden City pada tahun 2017, Sentul pada tahun 2018 dan Deltamas pada tahun 2019. Tata letak AEON yang tidak biasa ini pun memiliki konsep tersendiri, yaitu konsep dengan harapan pengunjung yang datang adalah keluarga, sehingga mall harus berada di pinggir kota untuk membangun gedung yang besar untuk membuat seluruh anggota keluarga menjadi nyaman.

Pengabdian masyarakat juga merupakan salah satu program yang dibangun oleh PT AEON. Program ini berupa penanaman pohon yang diselenggarakan oleh AEON Environmental Foundation. Saat ini, PT AEON telah menanam sekitar sepuluh juta pohon di seluruh dunia bersama dengan pelanggan dan masyarakat. Kuliah umum diakhiri dengan penyerahan cidera mata dari UAI.