Nonton Bareng Talk Show Siaran Langsung Tax Amnesty

19 July 2016
776 Views
Comments are off for this post

Universitas Al Azhar Indonesia ( UAI) berpartisipasi dalam acara Nonton Bareng Talk Show Siaran Langsung Tax Amnesty yang diadakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Acara tersebut merupakan program sosialisasi tax amnesty yang dilakukan oleh Menkeu Bambang Brodjonegoro ke BEI. Acara talk show bertempat di BEI dan disiarkan langsung di IDX Channel pada Senin, 18 Juli pukul 11.00 – 12.00 wib (tapi pelaksanaannya mulai 12.00 – 13.00 wib).

UAI khususnya Fakultas Ekonomi menyelenggarakan acara Nonton Bareng Talk Show Siaran Langsung Tax Amnesty. Acara tersebut dipimpin oleh bapak Jumansyah, SE., M.Sc selaku Ketua Pelaksana Galeri Investasi Syariah UAI dan didampingi oleh Ibu Sisca Debyola Widuhung, SE., M.Si selaku Sekretaris Pelaksana Galeri Investasi Syariah UAI. Acara dihadiri oleh para anggota Galeri Investasi Syariah UAI dan mahasiswa FE yang berjumlah 53 orang. Acara tersebut diadakan di ruang kelas 420 ditonton melalui streaming okezone.com. Bagi kampus yang berpartisipasi akan diberikan uang pembinaan untuk Galeri Investasi sebesar Rp 1 juta dan sertifikat untuk semua peserta. Dana pembinaan diserahkan secara simbolis oleh bapak Jumansyah, SE., M.Sc mewakili pihak BEI kepada Rizka Azkia selaku Ketua Komunitas Pecinta Pasar Modal Syariah UAI (KPPMS UAI).

Undang – undang pengampunan pajak (tax amnesty) telah disahkan oleh DPR. Dengan disahkannya UU tersebut diharapkan dapat mendorong penerimaan negara. Diperkirakan penerimaan pajak negara akan bertambah sekitar Rp 165 triliun dan dana dari repatriasi aset hingga Rp 1.000 triliun. Deklarasi aset wajib pajak di luar negeri diperkirakan mencapai Rp 4.300 triliun.

Salah satu persyaratan untuk mengikuti tax amnesty adalah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Bagi wajib pajak yang belum punya NPWP terus didorong bisa ikut tax amnesty.

“Memang persyaratannya harus ada NPWP, tapi yang belum punya NPWP terutama di sektor informal ini kita dorong bisa ikut,” ujar Bambang di IDX Channel, BEI, Jakarta, Senin (16/7/2016).