Sentra HKI UAI adakan Pelatihan Drafting Paten dan Desain Industri

2 November 2016
398 Views
Comments are off for this post

Jakarta – Hak atas Kekayaan Intelektual atau yang biasa di sebut HKI merupakan salah satu hal terpenting di dalam melindungi suatu karya atau kreatifitas seseorang. HKI merupakan penghargaan berupa hak ekslusif yang diberikan oleh Negara kepada seseorang atau kelompok orang yang merupakan perlindungan atas penemuan ciptaan di bidang seni, sastra, ilmu pengetahuan, desain, teknologi dan pemakaian simbol atau lambang dagang. Di Indonesia, masalah hak cipta diatur dalam Undang-Undang Hak Cipta yaitu Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002.

Pada kesempatan ini Universitas Al Azhar Indonesia melalui Sentra HKI UAI berkesempatan untuk mengundang Bapak Ir. Syafrimai yang merupakan Pemeriksa paten, Direktoral Kekayaan Intelektual Kemenretian Hukumdan Hak sasi Manusia RI. Kehadiran beliau dalam rangka Workshop “Pelatihan Drafting Paten dan Desain Industri” yang diadakan pada Rabu, 20 Oktober 2016. Dalam paparannya menjelaskan secara detail mengenai bagaimana proses suatu karya dapat memiliki hak atas kekayaan intelektualnya serta memberikan pelatikan menganai HKI. Acara ini dihadiri oleh Rektor UAI Bapak Dr. Ir. Ahmad H. Lubis, M.Sc., Wakil Rektor III Ibu Dr. Nita Noriko, M.S., Ketua LP2M Ibu Nunung Nurhasanah, ST., M.Si., Kepala Pusat PKSI Ibu Ir. Endang Ripmiatin, M.T., pada Dosen dan Mahasiswa.

Diharapkan acara ini dapat lebih meningkatkan pengetahuan peserta terkait pentingnya HKI bagi tiap-tiap hasil karya yang diciptakan. Acara ini ditutup oleh penyerahan plakat dan foto bersama.