Mahasiswa Teknik UAI Mengikuti Pelatihan Khusus Mengenai “Hak Kekayaan Intelektual”

30 November 2016
233 Views
Comments are off for this post

Jakarta – HKI merupakan kekayaan intelektual atas segala hasil produksi kecerdasan daya pikir seperti teknologi, pengetahuan, seni, sastra, gubahan lagu, karya tulis, karikatur, dan lain-lain yang berguna untuk manusia. Pada dasarnya Objek yang diatur dalam HKI adalah karya-karya yang timbul atau lahir karena kemampuan intelektual manusia. Salah satu bentuk perlindungan HKI melalui Paten, Paten merupakan hak ekslusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas invensinya dibidang teknologi, untuk selama masa tertentu melaksanakan sendiri invensinya tersebut atau memberikan persetujuan kepada orang lain untuk melaksanakannya.

Pada kesempatan ini Universitas Al Azhar Indonesia melalui Sentra HKI UAI mengadakan pelatihan khusus bagi para mahasiswa Faklutas Teknik  UAI mengenai HKI  dengan tema “Drafting Paten”.  Pelatihan ini mengundang Bapak Ir. Syafrimai yang merupakan Pemeriksa paten, Direktoral Kekayaan Intelektual Kemenretian Hukum dan Hak sasi Manusia RI.  Berlangsung pada selasa 30 November 2016 di Ruang Serbaguna Universitas Al Azhar Indonesia. Bapak Ir. Syafrimai memaparkan berbagai hal mengenai HKI seperti Proteksi HKI, Pengenalan HKI, Berbagai persyaratan terkait HKI, dan permohonan Paten secara Internasional.

Antusiasme para mahasiswa yang hadir membuat berbagai pertanyaan mengenai HKI bermunculan. Dari pelatihan ini tentunya memberikan banyak manfaat juga pengetahuan bagi para mahasiswa/i. (AP)