Peluncuran Buku “Serangga Terbang (Capung dan Kupu-Kupu) Di Kawasan PT. Indocement Tunggal Prakarsa TBK, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat

19 December 2016
713 Views
Comments are off for this post

Salah satu karya yang membanggakan dari Alumni Program Studi Biologi (Bioteknologi) Universitas Al-Azhar Indonesia yaitu Geo Septianella, S.Si bersama dengan mahasiswa Prodi Biologi (Bioteknologi) Toufan Gifari dan Muhammad Qeis Tsal Sabil, begitu juga mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Nasional Ahmad Baihaqi, S.Si. Tentunya dalam penulisan suatu buku membutuhkan revisi atau perbaikan agar hasilnya dapat memuaskan pembaca yaitu editor dari Universitas Al-Azhar Indonesia Dr. Hidayat Yorianta Sasaerilla, dan dua editor dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr. Djunijanti Peggie sebagai peneliti kupu-kupu, serta peneliti capung yaitu Pungki Lupiyaningdiyah, M.Sc. Buku yang berjudul “Serangga Terbang (Capung Dan Kupu-Kupu) Di Kawasan PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat” memiliki fokus terhadap pengamatan Capung (Odonata) dan Kupu-kupu (Lepidoptera) yang diketahui sebagau bioindikator lingkungan dan perairan. Dengan ditulisnya buku ini dapat ikut berperan sebagai pengabadian moment serta data spesies Capung dan Kupu-kupu di Kawasan PT. Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat.

Peluncuran buku ini sebagai bentuk sosialisasi agar dapat diketahui oleh masyarakat luas, khususnya bagi para pengamat kehidupan alam liar dan mahasiswa yang akan melakukan pengamatan serangga di suatu ekosistem. Peluncuran yang diadakan pada Hari Jum’at tanggal 16 Desember 2016 di Ruang Serbaguna Universitas Al-Azhar Indonesia berjalan dengan baik karena dihadiri oleh Rektor UAI Dr. Ahmad H. Lubis dan para staff jajarannya, serta PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, yang merupakan Instansi yang membantu untuk peluncuran buku ini, para pengamat lingkungan dari Instansi Pemerintah yaitu dari Kebun Raya Katingan, dan berbagai komunitas salah satunya Biodiversity Warrior, serta Civitas Akademik Universitas Nasional dan beberapa Mahasiswa Universitas Al-Azhar Indonesia.

Alur terbentuknya buku diawali dengan mengikuti Kompetisi Ilmiah Quarry Life Awards yang diselenggarakan oleh PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat dimana Geo Septianella dan tim menjadi juara ketiga, dan projek penelitian ini dilanjutkan dalam bentuk implementasi projek. Implementasi projek dilakukan di kawasan Industri semen selama 30 hari, dan dilanjutkan dengan penulisan hasil laporan data pengamatan Capung dan Kupu-kupu pada empat habitat yaitu Kolam Penampungan air, Persawahan, Gunung Blindis, Kawasan Desa sekitar Pabrik, serta P4M (Pusat Penelitian Pembibitan dan Pemberdayaan Masyarakat).

Semoga dengan kehadiran buku “Serangga Terbang (Capung Dan Kupu-Kupu) Di Kawasan PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat” dapat menambah wawasan dan informasi bagi masyarakat, serta serta sebagai panduan lapangan pengamatan capung dan kupu-kupu. Dan buku ini dapat diperutukkan bagi mahasiswa yang melakukan pengamatan di lapangan. Buku ini juga dapat dimiliki dengan membeli dan dapat dipesan ke alamat e-mail geo.septianella@gmail.com dengan mengetikkan Nama (spasi) dan Instansi (spasi) No. Hp.