Kunjungan Mahasiswa Teknik Industri UAI ke PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)

8 March 2017
847 Views
Comments are off for this post

Jakarta – Pentingnya kegiatan kunjungan industri sebagai upaya untuk memberikan wawasan mengenai dunia industri secara nyata kepada para mahasiswa Teknik Industri Al Azhar membuat lembaga kemahasiswaan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Al Azhar Indonesia (HMTIA) di bawah naungan Prodi Teknik Industri mengadakan kegiatan kunjungan industri di salah satu pabrik manufaktur otomotif, yaitu PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) pada tanggal 22 Februari 2017 lalu. Pada kesempatan bekerja sama dengan Corporate Social Responsibility Toyota Karawang Plant, sebanyak 50 mahasiswa dan seorang dosen serta kepala lab. Teknik Industri mengikuti kegiatan kunjungan industri tersebut.

Selama kegiatan berlangsung disana, para mahasiswa diberi pengenalan mengenai TMMIN dan pemahaman proses produksi melalui kesempatan melakukan genba mengelilingi kawasan pabrik, seperti Press Shop, Assembly Shop, dan Welding Shop untuk melihat secara langsung bagaimana proses produksi mobil di TMMIN.

Melalui acara kunjungan industri yang bernama “Studi Ekskursi Pabrik Teknik Industri 2017” ini diharapkan para mahasiswa dapat memiliki gambaran nyata proses-proses produksi serta fasilitas penunjang di pabrik Toyota, namun yang tidak kalah pentingnya adalah memahami filosofis kerja “KAIZEN” yang diterapkan Toyota dimana perusahaan melakukan perbaikan secara berkelanjutan dari hal-hal terkecil sekalipun.

Selain itu juga dapat memberikan pengalaman dan pertukaran informasi dari perusahaan Toyota yang dikunjungi, karena arus informasi ini akan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan para mahasiswa tentang dunia industri yang pada nantinya akan mereka hadapi setelah melalui proses belajar di perguruan tinggi.