Korp Mahasiswa Hubungan Internasional (KOMAHI) adakan Al Azhar International Relations Week 2017 (AIRWEEK)

10 May 2017
1101 Views
Comments are off for this post

Perubahan iklim telah menjadi salah satu masalah lingkungan hidup dunia dan mengancam kelanjutan sistem penyangga kehidupan di bumi. Dampak perubahan iklim bagi manusia bersifat negatif sehingga sangat berpotensi menurunkan kualitas hidup manusia. Hal ini menyebabkan Perubahan Iklim menjadi topik yang hangat diperbincangkan di kalangan masyarakat, ilmuwan, maupun petinggi Negara.

Sebagai mahasiswa/I prodi Hubungan Internasional Universitas Al Azhar Indonesia, merupakan sebuah objektifitas untuk mengetahui apa saja peran diplomasi Indonesia terhadap perubahan iklim global. Sehubungan dengan dilaksanakannya Al Azhar International Relations Week 2017 (AIRWEEK) dengan tema kegiatan “CLIMATE CHANGE”, maka diselenggarakan pula seminar yang bertema Indonesia’s Diplomacy towards Climate Change pada hari Senin, 08 Mei 2017 di Universitas Al Azhar Indonesia yang dihadiri oleh dua orang pembicara yakni pembicara pertama Bapak Muhsin Syihab sebagai Direktur Ekonomi, Pengembangan, dan Lingkungan Hidup, Kementerian Luar Negeri yang membahas terkait Gambaran Umum serta Peran Diplomasi Indonesia terkait Perubahan Iklim dan pembicara kedua oleh Bapak Charles-Henri Brosseau sebagai Deputy Head of Mission Kedutaan Besar Perancis untuk Indonesia yang membahas terkait Paris Agreement sebagai salah satu perjanjian yang berlaku bagi Negara-negara untuk dapat mengurangi dampak perubahan Iklim.

Dr. Ir. Ahmad H. Lubis, M.Sc, rektor UAI turut memberi sambutan dan mengikuti seminar berjalan hingga akhir. Seminar tersebut dihadiri oleh sebagian besar mahasiswa/i program studi Hubungan Internasional. Dengan mengikuti seminar tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa isu perubahan iklim sejauh ini sudah menjadi perhatian dunia sehingga Negara-negara harus saling berkontribusi dalam upaya mengurangi dampak perubahan iklim serta mematuhi dan melaksanakan kesepakatan dalam Paris Agreement dengan baik.