Kuliah Umum Peran Aktif The Japan International Cooperation Agency (JICA) pada Pembangunan Indonesia

12 June 2017
1747 Views
Comments are off for this post

 

Pada tanggal 9 Juni 2017 (Jumat) Program Studi Sastra Jepang, bekerjasama dengan Universitas Al Azhar Indonesia menyelenggarakan kuliah umum dengan narasumber representative The Japan International Cooperation Agency (JICA) Indonesia, Mr. OMIYA Kota.

Kuliah umum ini bertema “Peran Aktif  The Japan International Cooperation Agency (JICA) pada Pembangunan Indonesia” . Sesuai dengan tema, Mr. OMIYA Kota menjelaskan peran aktif JICA, diberbagai bidang, diantaranya bidang infrastruktur pengembangan sumber daya manusia, penanggulangan bencana alam, dll. Di bidang infrastruktur, JICA memberikan bantuan dalam pembangunan MRT di Jakarta, pembangkit tenaga listrik, pelabuhan, dll. Sedangkan dalam bidang pengembangan sumber daya manusia, JICA mengirimkan tenaga ahli ke Indonesia untuk penegmbangan teknologi, dll.

Pada sesi tanya jawab, mahasiswa Prodi Sastra Jepang UAI bertanya mengenai, perkembangan pembangunan Indonesia dibandingkan negara lain, dampak pembangunan, dan peluang karir lulusan Sastra Jepang di JICA. Kuliah umum yang dihadiri oleh 70 orang mahasiswa Program Studi Sastra Jepang ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Universitas Al Azhar Indonesia mengenai kerjasama Indonesia dan Jepang, dan memotivasi mahasiswa Program Studi Sastra Jepang untuk lebih mendalami bahasa dan budaya Jepang.