Universitas Al Azhar Indonesia menjadi tuan rumah pada acara silaturahmi dan Halal Bihalal Dewan Pimpinan Pusat Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalah Gunaan Narkoba  (DPP ARTIPENA )  

25 July 2017
1766 Views
Comments are off for this post

 

Perguruan tinggi mempunyai peran  penting dalam upaya pencegahan , pemberantasan, penyalahgunaan,dan peredaran gelap narkoba (P4GN) , karena disanalah para generasi penerus bangsa ini berada, apalah jadinya ketika suatu negara generasinya kebanyakan menjadi pencandu narkoba.

Bahaya  terjadinya kerusakan generasi bangsa akibat penyalah gunaan narkoba sangat  disadari oleh perguruan tinggi , untuk itu hasil dari beberapa pertemuan pimpinan perguruan tinggi yang ada di Indonesia menyepakati bahwa perlu adanya satu wadah penggiat   anti narkoba dilingkungan kampus,  hal ini dimaksudkan agar  kampus dapat memberikan kemudahan akses informasi P4GN, serta bagaimana berperannya kampus untuk mewujudkan lingkungan kampus  bebas narkoba dan  berpartisipasinya  kampus melakukan kegiatan – kegiatan melalui pengabdian masyarakat (program terintegrasi antara kampus dan lingkungan masyarakat) dalam upaya pencegahan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Terbentuknya Aliansi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalah Gunaan Narkoba (ARTIPENA) yang anggotanya terdiri dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Indoenesia  adalah wujud nyata dari insan akademisi untuk peduli terhadap generasi penerus bangsa,  wadah penggiat anti narkoba dari berbagai perguruan tinggi  di Indonesia ini bekerjasama dengan BNN untuk mewujudkan visi bersama yaitu terwujudnya masyarakat Indonesia bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya .

Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) adalah salah satu bagian dari perguruan tinggi yang tergabung dalam Artipena, sebagai perguruan tinggi yang dilahirkan dari Masjid, UAI  berkomitmen untuk menciptakan lulusan terbaiknya terutama  dalam aspek etika dan moral, adapun unit/lembaga khusus di UAI  yang menangani dan mengawasi etika bagi sivitas akademikanya adalah  Pusat Pembinaan Pengendalian Pengawasan Etika dan Keamanan (P3EK) dan salah satu aspek yang menjadi perhatiannya adalah upaya pencegahan  penyalah gunaan Narkoba di lingkungan Kampus .

Untuk memberikan informasi  secara garis besar tentang apa yang telah dan akan dilakukan oleh ARTIPENA,baru–baru ini (Ahad 9 Juli 2017), Dewan Pengurus Pusat Artipena (DPP Artipena) mengadakan acara silaturahmi sekaligus Halal Bihalal DPP Artipena di Universitas Al Azhar Indonesia, komplek Masjid Agung Al Azhar Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru –  Jakarta Selatan.

Acara ini  dilaksanakan dengan  sederhana,penuh keakraban diantara sesama pengurus DPP Artipena dan para undangan lainnya. Hadir pada kesempatan ini  Prof. Dr. Drs. Mashadi Said, Dip.Appl.Ling.,M.Pd (Dewan pakar), Prof. Ir. Suryo Hapsoro Tri Utomo, PHD (Ketua Umum), Ir. Zainal Arifin, MT (Sekjend) serta  pengurus DPP Artipena lainnya, sedangkan dari pihak Universitas Al Azhar Indonesia  hadir bapak Dr.Ir. Ade Jamal (Wakil Rektor II UAI) , ibu Dr. Nita Norika, MS. (Wakil Rektor III UAI), Dr. Zirmansyah,M.Pd (Ketua BPMU),Bapak Dr. Ir. Suheimi Nurusman (Kepala P3EK)  dan  undangan lain ( Dekan,Dosen,Karyawan  dan perwakilan mahasiswa yang tergabung dalam Satma Artipena Universitas Al Azhar Indonesia).

Acara ini diawali dengan sambutan-sambutan  dari  Sekjend Artipena , diikuti oleh Ketua umum Artipena dan dari pihak tuan rumah diwakili oleh  Bpk.  Dr.Ir. Ade Jamal  sekaligus mewakili Rektor UAI,dan pemberian materi tausiah Iedul Fitri yang disampaikan oleh Prof. Dr. Drs. Mashadi Said, Dip.Appl.Ling.,M.Pd (Dewan pakar) dengan mengambil tema “Hikmah Silaturahmi Iedul Fitri 1438 H

Pada kesempatan terakhir Wakil Rektor III UAI ( ibu Dr. Nita Norika, MS.)   dalam sambutan penutupnya menyampaikan  bahwa perlu adanya forum-forum silaturahmi seperti ini , hal ini diharapkan  agar  Artipena bisa memberikan kontribusinya dalam memberikan pembekalan-pembekalan kepada mahasiswa yang tergabung dalam penggiat anti narkoba di lingkungan kampus, dan  diharapkan Kegiatan silaturahmi ini bisa  lebih ditingkatkan dan dikembangkan lagi agar kita bisa bekerja sama dalam hal Tridarma Perguruan Tinggi  (Muhammad Rusdi)