Berkarya dalam Sastra (Sastra One)

23 October 2017
213 Views
Comments are off for this post

JakartaBahasa adalah kunci jendela dunia, begitu semboyan lama yang sering terdengar dalam dunia pendidikan. Acara yang dibuka oleh Rektor Universitas Al Azhar Indonesia Bapak Prof. Dr. Asep Saefudin dan Wakil Rektor tiga Ibu Nita Noriko, MS ini dimulai pada hari Senin 16 Oktober 2017 dan ditutup pada hari kamis 19 Oktober 2017, Kak Annisa selaku wakil ketua KMF Sastra menjelaskan bahwa acara ini terdiri dari beberapa rangkaian perlombaan yang masih berada dalam lingkup sastra, seperti  lomba penulisan indah Shodou dari Jepang , Shufa dari China, Handwriting dari Inggris dan Kaligrafi dari Arab. Selain itu ada lomba membaca berita, puisi, dan lomba fotografi. Diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Al Azhar Indonesia acara ini diharapkan mampu menjadi wadah tersendiri untuk mengembangkan bakat dan kemampuan serta meningkatkan kreatifitas mahasiswa yang ada.

Acara yang rutin diadakan setiap tahun ini selalu menghadirkan atmosfir baru bagi perkembangan pembelajaran Sastra dalam lingkungan kampus. Memahami bahwa bahasa merupakan aspek terpenting dalam dunia ilmu pengetahuan Universitas Al Azhar terus mendukung mahasiswanya untuk terus berkembang dalam memperkaya unsur bahasa yang ada. Acara ini juga merupakan salah satu langkah Universitas Al Azhar Indonesia dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran mahasiswa. Mahasiswa diajak secara aktif  untuk turut berpartisipasi dalam berbagai lomba yang menarik dalam konteks bahasa yang ada. Selain membangun jiwa kompetitif acara ini juga mampu mengenalkan budaya dan bahasa dari tiap negara yang berbeda, menyatukan setiap mahasiswa dari program studi yang berbeda khususnya dalam Fakultas Sastra.

“Semoga dengan adanya acara Sastra One ini dapat menjadi bekal ketika lulus nanti agar lebih berani mengapresiasikan sastra dan bahasa dari setiap negara sehingga dapat bersaing dalam dunia pekerjaan khususnya” ucap Kak Annisa sebagai pesan bagi mahasiswa sastra setelah mengikuti acara ini. Selain ditutup dengan pembagian hadiah oleh Dekan Fakultas Sastra Universitas Al Azhar Indonesia Bpk Dr. Faisal Hendra, M.Ed. Acara ini juga ditutup dengan workshop Budaya Sastra Jepang (Membuat boneka Washi) bersama SMA 4 Kemang Al Azhar.