Memperingati Sumpah Pemuda, UAI mengadakan aksi pembuatan 200 Lubang Resapan Biopori

30 October 2017
495 Views
Comments are off for this post

Jakarta – Setiap tanggal 28 Oktober, rakyat Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda. Hari di mana pada 89 tahun yang lalu, berbagai perwakilan pemuda dari seluruh Indonesia mengadakan kongres selama 2 (dua) hari yang ditutup dengan sumpah setia para peserta kongres, yang saat ini kita kenal dengan Sumpah Pemuda. Dewasa ini banyak sekali pemaknaan dari hari Sumpah Pemuda ini, mulai dari sekedar mengadakan upacara bendera, hingga melaksanaakan berbagai lomba dan kegiatan positif lainnya.

Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), melalui Biro Kemahasiswaan, dan Pengembangan Karir mencoba melakukan sesuatu yang berbeda pada peringatan hari Sumpah Pemuda pada tahun ini. Sesuai dengan komitmen UAI untuk menjadikan kampus yang berwawasan lingkungan, maka UAI memperingati hari Sumpah Pemuda dengan sebuah gerakan yang bernama “Pemuda Al Azhar Peduli Lingkungan”. Gerakan ini adalah berupa pembuatan 200 Lubang Resapan Biopori (LRB) di lingkungan UAI dan Yayasan Pesantren Islam Al Azhar (YPIA). Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah (Wikipedia.org). Biopori memiliki segudang manfaat secara ekologi dan lingkungan, yaitu memperluas bidang penyerapan air, sebagai penanganan limbah organik, dan meningkatkan kesehatan tanah.

Diawali dengan upacara bendera dengan pembina upacara Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., acara dilanjutkan dengan pemberian penjelasan oleh Bapak Kamir R. Brata, yang merupakan penemu teknologi LRB ini. Selain menjelaskan manfaat LRB bagi lingkungan, beliau juga menjelaskan cara pembuatan LRB kepada para peserta.

Dalam amanatnya, Rektor menyampaikan bahwa saat ini lebih dibutuhkan langkah kongkrit para pemuda dalam perannya sebagai agen perubahan, “Jangan hanya sekedar berteriak peduli, tapi tidak ada aksinya, jadilah pemuda yang sarat akan inovasi dan bermanfaat bagi lingkungan”. Selain mahasiswa dari berbagai angkatan dan juga karyawan serta dosen UAI, kegiatan ini juga diikuti oleh siswa siswi dari SMAI Al Azhar se-Jabodetabek,

Diharapkan dari kegiatan ini, dapat menimbulkan kepedulian pemuda Al Azhar terhadap pelestarian lingkungan hidup. Dan menjadi awal dari langkah kongkrit dalam menjaga keberlangsungan makhluk hidup di bumi.