Kuliah Umum Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Pendidikan bersama Bapak Dr. dr. H. Taufiq Pasiak M.Pd.I. M.Kes., Tentang Perkembangan Otak (Neurosains)

24 November 2017
311 Views
Comments are off for this post

Jakarta (22/11)- melihat pentingnya memahami perkembangan otak untuk pendidikan usia dini  juga pendidikan psikologi, Universitas Al azhar Indonesia menghadirkan kuliah umum bagi seluruh mahasiswa Fakultas Psikologi dan Pendidikan dengan Tema “Neurosains : Perkembangan, ruang lingkup, dan implikasi” yang diisi oleh Bapak Taufik  Pasiak, dr., M.Pd.,M.Kes yang kini bekerja di Pusat Studi Otak dan Perilaku Sosial LPPM UNSRAT, Manado. Dibuka dengan sambutan yang semangat dari Bapak Dr. Suwardi, M.Pd. , acara ini juga dihadiri oleh Ibu Radhiya Bustan.S.Psi., M.Soc.Sc selaku Ketua Program Studi Psikologi dan Ibu Nila Fitria S.Pd., M,Pd. selaku Dosen dari Fakultas Psikologi dan Pendidikan Universitas Al Azhar Indonesia.

Acara yang membahas tentang perkembangan otak dan perannya yang penting dalam mendalami psikologis seseorang, yang kemudian akan sangat berguna dalam perkembangan pendidikan ini mendapatkan respon yang positif dari mahasiswa Fakultas Psikologi Pendidikan yang hadir. Dilihat dari banyaknya mahasiswa yang turut berkontribusi dalam memberikan pertanyaan seputar perkembangan dan kinerja otak,  kuliah umum ini sukses memberikan materi dan pemahaman yang cukup untuk perkembangan ilmu pengetahuan mahasiswa akan kinerja otak. Dalam anatomi tubuh manusia ada 2 organ yang sangat penting yaitu jantung dan otak, keduanya memberikan kegunaan yang saling melengkapi satu sama lain, otak yang mengendalikan gerak tubuh dan jantung yang membantu mengalirkan darah ke otak untuk memacu kerja otak. Meskipun memiliki kesinambungan yang sangat erat, keduanya  memiliki teknik penelitian yang berbeda.

Dalam penjelasaanya Bapak Dr Taufiq F Pasiak mengatakan “Otak itu adalah alam semesta yang berada dalam diri, apabila ia tidak dikelola ia akan standart atau stagnant, namun apabila ia dikembangkan ia akan menunjukan kemampuan yang sangat luar biasa.” Pengembangan aktivitas otak sangat penting untuk diperhatikan masa masanya, ada masa dimana otak mampu berkembang dengan sangat pesat yaitu masa golden age dimana anak usia 1 sampai 5 tahun dapat dengan mudah menyerap ilmu pengetahuan dan membentuk kepribadianya masing masing. Dan  ketidakmampuan mengenali masa perkembangan otak, akan menghambat proses pendidikan dan pembelajaran yang ada. Universitas Al azhar Indonesia menyadari pentingnya pengenalan akan system kerja otak bagi seluruh mahasiswa khususnya mahasiswa Fakultas Psikologi dan Pendidikan. Dalam upaya menciptakan kaderisasi pendidik yang bermutu dimasyarakat, tentu saja ini akan membantu perkembangan sistem pendidikan yang akan diteruskan dari generasi ke generasi. Memahami pola dan strategi mendidik yang baik sebelum terjun ke masyarakat merupakan bentuk persiapan yang matang agar kelak alumni Universitas Al azhar mendapatkan apresiasi yang memuaskan dari masyarakat karena kemampuannya yang tidak lagi diragukan. Tak lupa Kuliah Umum ini juga merupakan ragam variasi metode pembelajaran mahasiswa agar mahasiswa dapat berfikir terbuka (open minded) akan berbagai masalah pendidikan yang dekat dengan kehidupan sehari hari.