Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) mempunyai dua program studi yaitu Program Studi Ilmu Hubungan Internasional dan Program Studi Ilmu Komunikasi. Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (Prodi HI) mempunyai dua kajian yaitu Kajian Kawasan dan Kajian Strategis, sedangkan Program Studi Ilmu Komunikasi (Prodi Ilkom) mempunyai tiga konsentrasi yaitu Public Relations (Humas), Broadcasting (Penyiaran) dan Advertising (Periklanan).

Visi :

Menjadi salah satu Fakultas unggulan yang menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan mengembangkan manusia yang memiliki dimensi intelektual, spiritual, etika Islam dan moral yang terintegrasi sebagai modal untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pelayanan kepada masyarakat dalam disiplin Ilmu Hubungan Internasional dan Ilmu Komunikasi.
  2. Membangun jaringan kerjasama dengan institusi yang relevan, baik di dalam maupun di luar negeri.
  3. Menumbuh kembangkan budaya dan karakter yang islami dan demokratis.

Program Studi Ilmu Hubungan Internasional

Visi Ilmu Hubungan Internasional

Menjadi program studi unggulan dengan menghasilkan sarjana yang berintegritas, profesional dan berwawasan luas di bidang Ilmu Hubungan Internasional berlandaskan nilai-nilai spiritual, moral dan etika Islami.

Misi Ilmu Hubungan Internasional

  1. Menyelenggarakan fungsi dan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi di Bidang Studi Ilmu Hubungan Internasional yang  profesional dan berkualitas;
  2. Mendorong setiap upaya dan langkah serta kebijakan universitas bagi terbentuknya suasana kampus yang dapat menumbuh kembangkan jiwa dan karakter budaya kreatif, inovatif  dan solutif atas dasar nilai-nilai universalitas Islam;
  3. Membangun dan menjalin kemitraan strategis dengan berbagai lembaga atau institusi lain, baik di dalam maupun di luar negeri bagi peningkatan kualitas dan profesionalisme kelembagaan dan institusi serta sumber daya manusia di lingkungan Program Studi Hubungan Internasional.

Identitas Ilmu Hubungan Internasional

Identitas Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Al Azhar Indonesia (Prodi HI, UAI) dilambangkan oleh kubah dan menara Masjid Agung Al Azhar Indonesia (logo resmi Yayasan Pendidikan Islam/YPI-Al Azhar) dengan seekor lebah yang siap terbang ke seantero dunia dengan cairan madu manisnya.

Kubah dan menara masjid melambangkan dasar pijakan seruan kebajikan bagi perwujudan tatanan masyarakat madani Islami. Sementara cairan madu dimulut lebah merefleksikan mutu dan kualitas gagasan, pemikiran serta kekhasan bahasa yang dimiliki oleh sarjana lulusan Prodi HI, UAI berupa formula penyelesaian atas problematika dan permasalahan sosial kemanusiaan hari ini berlandaskan nilai-nilai universalitas spiritual Islam.

Lingkaran biru bercahaya, warna resmi logo UAI yang mengelilingi kubah, menara dan lebah, dilingkari tulisan “Prodi Ilmu Hubungan Internasional” dan “Universitas Al Azhar Indonesia” melambangkan kesatuan dan totalitas kepribadian sarjana lulusan Prodi HI, UAI yang berintegritas,  professional dan berwawasan luas berlandaskan nilai-nilai moral dan etika Islami.

Prospek Lulusan

Lulusan Prodi Hubungan Internasional Universitas Al Azhar Indonesia diharapkan menjadi lulusan yang berkualitas dengan daya saing tinggi bagi memenuhi tuntutan pasar lapangan kerja, baik di dalam maupun di luar negeri dengan profil lulusan sebagai berikut :

  1. Perencana, perancang, dan atau pelaksana kebijakan hubungan internasional pada lembaga pemerintah, organisasi internasional, perwakilan asing, perusahaan nasional dan multinasional (MNC’s) dan lembaga swadaya masyarakat nasional dan internasionall (NGO’s). (profesi terkait : diplomat, birokrat, negosiator, politisi, pegawai bank, pegawai/pekerja organisasi internasional; local staff Perwakilan  RI di luar negeri atau perwakilan asing, pegawai pada perusahaan nasional dan perusahaan asing; dan pekerja pada LSM nasional  dan internasional);
  2. Akademisi Ilmu Hubungan Internasional dengan mengedepankan nilai-nilai moral dan etika akademik ilmiah yang profesional bagi penguatan peran masyarakat sipil dalam proses pembangunan nasional  (profesi terkait : dosen, analis dan  peneliti);
  3. Penulis dan wartawan di bidang hubungan internasional pada lembaga pers nasional dan asing, baik media cetak, media online, maupun media elektronik serta tenaga kehumasan (public relations);
  4. Wiraswasta (profesi terkait sebagai pedagang dan pengusaha, jasa konsultan, dan industriawan)

Di Program Studi Ilmu Hubungan Internasional terdapat unit organisasi mahasiswa, yaitu KOMAHI (Korp Mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional). Organisasi ini merupakan wadah interaksi dan pengembangan kreatifitas mahasiswa untuk menunjang pendalaman keilmuan Hubungan Internasional.

Program Studi Ilmu Komunikasi

Visi Ilmu Komunikasi

Menjadikan Program Studi Ilmu Komunikasi sebagai Pusat Unggulan (Centre of Excellence) dalam menghasilkan Sarjana Sosial Ilmu Komunikasi yang menguasai bidang keilmuan/teori dan aplikasinya/praktek, dengan memadukan dimensi intelektual, spiritual, moral, dan etika.

Misi Ilmu Hubungan Internasional

  1. Menyelenggarakan program pendidikan tingkat Sarjana di bidang Ilmu Komunikasi dan turut serta memajukan Ilmu Komunikasi di Indonesia.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang Ilmu Komunikasi dan mempublikasikannya demi kepentingan pengembangan Ilmu Komunikasi baik bagi kalangan akademis, sosial maupun praktis.
  3. Menyelenggarakan program dan kegiatan pengabdian masyarakat yang berguna bagi kepentingan akademis, sosial dan praktis.

Perkembangan Ilmu Komunikasi yang sangat pesat saat ini memunculkan berbagai bidang keahlian seperti:

  • Broadcasting (Penyiaran)
  • Public Relations (Humas)
  • Jurnalistik
  • Periklanan
  • Manajemen Media
  • Komunikasi Pemasaran
  • Komunikasi Politik
  • Desain Grafis, dan sebagainya

Berbagai bidang tersebut tentu saja memerlukan banyak sekali sumber daya manusia yang ahli dan terampil.

Karena itulah Program Studi Ilmu Komunikasi UAI hadir dengan berbagai konsentrasi yaituBroadcasting, Public Relations, Advertising yang memiliki rancangan kurikulum untuk menghasilkan lulusan yang menguasai bidang keilmuan (teori) dan aplikasinya (praktek). Para lulusan nantinya diharapkan siap bersaing mengisi berbagai kesempatan kerja dan mampu menjawab berbagai tantangan yang dihadapi.

Prospek Lulusan

Lulusan Program Studi Ilmu Komunikasi dapat bekerja di berbagai bidang yaitu industri media (televisi, radio, media cetak), industri multimedia, periklanan, institusi pemerintah, non pemerintah, perusahaan asing, praktisi PR, konsultan PR, event organizer, dosen dan lain-lain.

Fasilitas

Lokasi sangat strategis dan mudah dijangkau dari semua jalur transportasi. Gedung milik sendiri yang megah di pusat kota Jakarta yang didukung fasilitas ruang kuliah ber-AC dan ICT, Laboratorium Hubungan Internasional, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa Multimedia, Laboratorium Radio, Laboratorium Fotografi, Kamera Standar untuk Penyiaran, Mini Studio TV, Perpustakaan, akses Hotspot, Auditorium, Poliklinik, Lapangan Olah Raga, Masjid, Lapangan Parkir, Kantin, Bank dan ATM.

Pejabat Struktural Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Al Azhar Indonesia

PEJABAT STRUKTURAL
Damayanti Wardyaningrum, SE., M.Si Dekan
Edoardo Irfan, M.Si Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi
Damayanti Wardyaningrum, SE., M.Si Care Taker Ketua Program Studi Ilmu Hubungan Internasional
M. Nasucha, M.Si Sekretaris Jurusan Program Studi Ilmu Komunikasi
Nova A. Saputra, SE Kepala Bagian Tata Usaha
Muslim, S.Mn Kepala Sub. Bagian Tata Usaha