Bioteknologi


 

FST Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta pada penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2011/2012 menerima lulusan SMU/Aliyah/Sederajat bidang IPA untuk dididik menjadi sarjana Strata 1 pada Program Studi Biologi (Bioteknologi).

Visi

Menjadi Program Studi Biologi yang terkemuka pada konsentrasi Biosains, Bioteknologi dan  Lingkungan berlandaskan nilai-nilai spiritual, moral dan  etika Islami.

Misi

1. Mempersiapkan sarjana biologi yang bertakwa kepada Allah SWT  dan  kompeten di bidang biosains, bioteknologi dan lingkungan.

2.  Mengembangkan pendidikan dan penelitian yang relevan dengan perkembangan biosains,  bioteknologi dan lingkungan.

3. Melaksanakan pengabdian masyarakat  melalui aplikasi biosains,  bioteknologi dan lingkungan

 

Seperti kita ketahui bahwa perkembangan peradaban manusia selalu berubah dari waktu ke waktu, demikian pula dengan era suatu ekonomi. Di awal  peradaban manusia, selama ratusan ribu tahun ekonomi hanya didominasi oleh perburuan hewan liar (hunter economy), sampai kemudian digantikan oleh ekonomi agraris yang berlangsung selama kurang dari 10.000 tahun. Sejak tahun 1760-an muncul ekonomi industri dan berakhir pada tahun 1950-an. Kini kita berada di era ekonomi informasi sampai tahun 2020. Kemudian akan muncul era ekonomi baru yang dikenal sebagai era baru bioteknologi.

Layaknya sebuah siklus, setiap siklusnya mempunyai empat tahap, yaitu

  • kehamilan,
  • pertumbuhan,
  • pematangan,
  • dan kemunduran

Saat ini, internet dipandang sebagai puncaknya tahap pematangan ekonomi informasi, fase akhir ini ditandai dengan penggunaan luas chip murah dan teknologi nirkabel yang memungkinkan segala sesuatu terhubung dengan yang lainnya. Dengan demikian satu siklus era ekonomi informasi sebenarnya sudah terlengkapi dan akan memasuki tahap kemunduran, tergantikan oleh era baru bioekonomi.

Bioekonomi dimulai pada tahun 1953, pada saat Francis Crick dan James Watson mengidentifikasi struktur untai ganda DNA. Proyek Genom Manusia yang diselesaikan pada tahun 2003, menandai akhir masa kehamilan. Bioekonomi kini memasuki tahap pertumbuhan.

Tahap kedua era bioekonomi ditandai dengan munculnya industri baru, yaitu: bioindustri kesehatan (health care), bioindustri pertanian.

 

Program Studi Biologi

Biologi, yang dewasa ini lebih dikenal sebagai biosains, merupakan salah satu ilmu dasar (basic science) yang mempelajari berbagai aspek kehidupan mahluk hidup. Biosains kemudian menjadi salah satu penunjang pengembangan ilmu-ilmu terapan, seperti: ilmu-ilmu pertanian, kedokteran, dan industri. Di penghujung abad ke-20, biosains telah menjadi landasan berkembangnya suatu cabang baru keilmuan yang kemudian kita kenal sebagai bioteknologi, suatu bidang ilmu yang dipandang akan menentukan wajah peradapan umat manusia di era bioekonomi.

Program studi Biologi (Bioteknologi) di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Al Azhar Indonesia (FST-UAI) ditujukan untuk mempersiapkan SDM uang mempunyai daya saing tinggi dalam meyosong era baru bioekonomi, dengan mencetak sarjana yang menguasai dasar-dasar biosains dan teknik-teknik bioteknologi kesehatan, bioteknologi pertanian, bioteknologi industri dan lingkungan.

Di FST-UAI, mahasiswa dibekali biosains, dengan demikian dasar-dasar ilmu biologi untuk tumbuhan dan hewan tetap dipertahankan, untuk kemudian diikuti dengan pembekalan ilmu-ilmu bioteknologi beserta penerapannya di bidang bioteknologi kesehatan, pertanian, serta industri dan lingkungan.

 

Karir di Bidang Bioteknologi

Karir bagi Sarjana Biologi dengan peminatan bioteknologi adalah sebagai tenaga ahli pada berbagai perusahaan yang bergerak pada bioteknologi kesehatan, bioteknologi industri, bioteknologi pertanian, dan bioteknologi lingkungan.

Seperti misalnya pada industri farmasi, industri bahan-bahan kimia, industri makanan dan minuman, perkebunan, kehutanan, di perusahaan-perusahaan nasional maupun multinasional.

Bagi yang tertarik untuk menjadi ilmuwan, dapat bekerja sebagai konsultan, tenaga pengajar pada perguruan tinggi atau peneliti pada berbagai lembaga penelitian. Sedang bagi yang mempunyai jiwa kewirausahaan, dapat membangun usaha di bidang bioindustri mulai dari usaha kecil, menengah sampai yang lanjut, karena penerapan bidang ini mendukung kearah tersebut.

Bagaimana fasilitas pendidikannya?

Kampus baru berlantai tujuh, yang megah di jantung kota Jakarta, dalam suasana Islami dan asri karena berada di lingkungan komplek Masjid Agung Al Azhar. Dilengkapi dengan perpustakaan dan laboratorium yang memadai.

Staf Pengajar

Program Studi Biologi (Bioteknologi) diasuh oleh para pengajar lulusan dalam dan luar negeri, antara lain:

  • Freddy Permana Zen, Prof. Dr. Ir.
  • Muhsin Lubis, Drs. M.Sc.
  • Nita Noriko, Dr. M.S.
  • Agus Masduki, Dr. M.Eng.
  • Dewi Elfidasari, S.Si. M.Si.
  • Witono Basuki, Prof. Dr. M.Sc.
  • Vanny Narita, Dr.
  • Yunus Effendi, Drs. MSi.
  • Anwar Arif, Prof. MS.
  • Ira N Djajanegara, Dr. M.Sc.
  • Kardono, Prof. Ph.D.
  • Lutfah S. Nurusman, M.Si.
  • Mohammad Sadikin, Prof. Dr.
  • Singgih Wibowo, Dr.
  • Yorianta Sasaerila Hidayat, Dr.

Contact Person

Risa Swandari Wijihastuti, S.Si. : 08561551423

{filelink=69}

{filelink=68}

{filelink=94}

{filelink=71}

{filelink=72}

{filelink=67}

{filelink=70}

{filelink=230}

{filelink=237}