Fakultas Sastra

 

Memasuki era globalisasi dan informasi, bangsa Indonesia dituntut  mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain dalam berbagai bidang kehidupan. Dalam era tersebut, pengusaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi suatu keharusan karena dapat menentukan kemampuan suatu bangsa untuk menang dalam persaingan. Keterkaitan global antar bangsa pada masa itu, juga menempatkan bahasa asing pada posisi yang sangat strategis.

Sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi yang menerima semua etnis, suku bangsa, dan agama, Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) mempunyai visi menjadi salah satu dari lima perguruan tinggi terbaik di wilayah ASEAN pada tahun 2015. Untuk mencapai visi dan menjawab tantangan era globalisasi, pengusaan bahasa asing bagi seluruh Civitas Akademika, termasuk tentunya mahasiswa UAI bukan lagi suatu keharusan, tetapi sudah menjadi sebuah kebutuhan.

Untuk membangun sumber daya manusia yang memiliki keunggulan dalam penguasaan bahasa asing, Fakultas Sastra UAI melalui kurikulum yang kompetitif dan mutakhir, memberikan kesempatan kepada lulusan SMU, lulusan Madrasah Aliyah, dan sekolah lain yang sederajat, mahasiswa pindahan/lanjutan, dan mahasiswa alih program untuk bergabung dengan Fakultas Sastra UAI. Lulusan Fakultas Sastra UAI diharapkan mampu memahami kebudayaan negara yang dipelajari, dapat diserap di dunia kerja, dan bahkan mampu menciptakan lapangan kerja.

Keunggulan Fakultas Sastra

Lulusan Fakultas Sastra UAI diarahkan mampu : berpikir ilmiah secara analitis dan kritis; mencapai kemahiran berbahasa secara utuh, yaitu mahir mendengar, berbicara, membaca, menulis dan mengaplikasikan bahasa asing yang dikuasainya ke dalam kemampuan di bidang teknologi informasi (TI). Menyediakan tenaga pengajar profesional, dosen tamu dan native speaker. Menjalin kerja sama dengan beberapa lembaga atau universitas di dalam maupun di luar negeri seperti : Ikatan Pengajar Bahasa Arab se-Indonesia (IMLA), Kedutan Besar Republik Arab Mesir, Al Azhar University Cairo-Egypt, Asosiasi Tenaga Pengajar Bahasa Jepang, perhimpunan INTI (Indonesia-Tionghoa), PITI (Persatuan Imam Tauhid Indonesia), The Japan Foundation Jakarta, Shizuoka University di Jepang, Kedutaan besar RRC di Jakarta, Fujian Normal University, Jinan University di China, University of Cambridge-London, dll.

Membekali mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Al Azhar Indonesia dengan 7 keterampilan (7 elemen dasar), yaitu kemampuan berbahasa asing, kemampuan Teknologi Informasi (TI), kewirausahaan, kepemimpinan, keislaman, dan kemampuan manajerial dan networking. Menggunakan kurikulum Fakultas Sastra UAI yang kompetitif dengan konsentrasi pada bidang penerjemahan, pengajaran, pariwisata, penyuntingan, periklanan, perkantoran, linguistik, dsb.

 

Metode Pembelajaran

Fakultas Sastra mengedepankan sistem pembelajaran efektif dan menarik, dengan metode pembelajaran terkini. Memberikan motivasi dan arahan serta mengembangkan kreasi berfikir serta kemampuan kebahasaan yang tinggi bagi para mahasiswa untuk siap memasuki persaingan global di era informasi saat ini. Diantara bentuk perkuliahan yang digunakan adalah:

  1. Diskusi
  2. Ceramah
  3. Presentasi
  4. Simulasi
  5. Bedah dan telaah kasus
  6. Studi Analisis
  7. Kuliah Umum dengan pakar
  8. Dosen tamu
  9. Kunjungan dan praktek lapangan
  10. dll

 

Bimbingan Akademik

Setiap mahasiswa Fakultas Sastra dibimbing oleh seorang Dosen Pembimbing Akdemik untuk merencanakan studinya selama menuntut ilmu di Fakultas Sastra. Dosen ini diposisikan tidak hanya sebagai pembimbing dibidang akademik, tapi lebih dari itu, seorang dosen Pembimbing Akademik juga dijadikan sebagai orang tua, mitra dan kawan bagi mahasiswa dalam memecahkan dan mencarikan solusi dari permasalahan yang mereka dihadapi, kapan dan dimanapun mahasiswa membutuhkannya.

 

Aktifitas Kemahasiswaan & Alumni

Fakultas Sastra sangat memotivasi seluruh mahasiswanya dalam hal yang bersifat akademik maupun ekstra kulikuler untuk mengasah kemampuan mahasiswa sesuai dengan peminatan yang mereka kuasai, seperti peningkatan kemampuan mereka dalam kemahiran berbahasa melalui kelompok-kelompok kecil, pendalaman ilmu agama, kepemimpinan, seni dan budaya, perlombaan, olah raga dan lain-lain. Kegiatan ini dilaksanakan atas prakarsa senat mahasiswa Fakultas Sastra sendiri dan juga antara senat mahasiswa dengan Fakultas. Dengan demikian, mahasiswa Fakultas Sastra bukan saja dididik melalui jenjang akademik, tapi juga dibina melalui kegiatan ekstra kulikuler yang terstruktur. Terhitung sampai tahun akademik 2009-2010, Fakultas Sastra Universitas Al Azhar Indonesia telah meluluskan mahasiswa lebih kurang 127 orang.  Dari total jumlah lulusan ini sebagian besar sudah terserap dilapangan kerja diberbagai perusahaan swasta dan nasional, sebagian lagi melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang S2 diberbagai universitas dalam dan luar negeri. Bentuk kepedulian Fakultas kepada alumni, Fakultas Sastra juga mencoba dan berusaha memberikan kesempatan kepada para alumni untuk bekerja di berbagai bidang yang ada melalui relasi pihak Fakultas dan Universitas, sehingga para lulusan tetap ada keterikatan dengan almamaternya.

Karir Lulusan

Lulusan Fakultas Sastra Universitas Al Azhar Indonesia diharapkan bisa menjadi penerjemah profesional, penerjemah di perusahaan asing dan instansi pemerintah, penerjemah buku dan film, staf dikantor-kantor kedutaan besar asing, pemandu wisata, staf administrasi, penyiar radio/ TV, dosen/ staf pengajar/ trainer, editor, peneliti, reporter, wartawan, pramugrai, public relation, sekretaris, dan lain sebagainya.

 

Program Kursus Bahasa Asing

Program ini terbuka bagi para karyawan kantor penerintah dan swasta, mahasiswa, profesional, dan umum. Fakultas Sastra UAI juga mengajarkan bahasa Indonesia bagi orang asing yang tinggal atau bekerja di Indonesia. Program khusus ini terdiri atas:

  • Bahasa Arab (grup dan privat)
  • Bahasa Cina (grup dan privat)
  • Bahasa Inggris (grup dan privat)
  • Bahasa Jepang (grup dan privat)
  • Bahasa Indonesia (grup dan privat)
  • Bahasa Spanyol (grup dan privat)

 

Pusat Penerjemahan

Fakultas Sastra Univesitas Al Azhar Indonesia sebagai sebuah Fakultas yang kaya dengan ahli bahasa asing termasuk bahasa Indonesia, mendirikan pusat penerjemahan bahasa asing baik terjemahan biasa maupun bersumpah dengan program-programnya yang terstruktur guna memberikan sarana kepada masyarakat luas untuk menjadi mitra, menerjemahkan seluruh berkas-berkas dari bahasa asing ke bahasa Indonesia maupun sebaliknya dengan tarif yang terjangkau.

 

Pimpinan Fakultas Sastra

Dekan : Drs. H. Murni Djamal, M.A
Ka. Prodi Sastra Arab : Dr. Saifullah Kamalie, Lc. M. Hum
Ka. Prodi Sastra China : Dra. Anita L. Amran
Ka. Prodi Sastra Inggris : Zarmahenia Muhatta, M. Hum
Ka. Prodi Sastra Jepang : Sandra Herlina, M.A

 

Informasi dan Pendaftaran

Kampus Universitas Al Azhar Indonesia
Komplek Masjid Agung Al Azhar
Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12110

Telepon : (021) 72792753, 7263344
Fax : (021) 7244 767
Email : info@uai.ac.id