Tentang

Profil Singkat

Universitas AL azhar Indonesia (UAI) yang berdiri tahun 2000, merupakan institusi pendidikan tinggi di bawah naungan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar. Perguruan tinggi yang terdiri dari enam falkultas dengan enam belas program studi yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan sangat baik,  menjadikan UAI sebagai harapan baru untuk mencetak kepemiminan visioner dan berakhlak mulia dan kini memiliki peminat yang cukup potensial  terutama di Jabodetabek – Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Tata kelola dan budaya edukasi di UAI didasarkan pada prinsip-prinsip an enterprising university dengan memuliakan ilmu dan nilai religious yang diharapkan dapat menjadi aspek penting peruabahan masa depan bagi anak bangsa. Hal ini sangat selaras dengan konsep pembangunan suatu bangsa secara komprehensif dan sesuai dengan cita-cita nation dan character building yang diamanatkan dalam pembukaan UUD Republik Indonesia.

Selain itu UAI didisain sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan pusat pembentukan karakter, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara luas. Kesadaran tersebut semakin meniscayakan UAI untuk dapat menghasilkan lulusan unggul dan berintegritas, yang dibekali dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta penguatan iman dan taqwa (IMTAQ) agar siap memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. Hanya manusia yang unggul dan berintegritas yang dapat menjadi kekuatan utama guna membangun bangsa dan negara.

Sebagai komitmen bersama, civitas akademika UAI menjalankan visi-misi Universitas secara utuh dengan didukung oleh penerapan kaidah-kaidah An Enterprising University yang progresif yang  bertumpu pada Sistem pendidikan yang unggul – (excellent education system), Sistem korporat yang inovatif yang menumbuhkan jiwa enterpreneurial(entrepreneurial corporate system), dan Sistem nilai yang berkeadilan – (equity-based values system) yang merupakan satu wujud Islam sebagai Rahmatan lil ‘Alamin, Rahmat bagi alam semesta, serta melaksanakan Tujuh Elemen Dasar UAI secara simultan menuju universitas yang sejajar dengan Perguruan Tinggi lain baik di tingkat nasional maupun internasional.

Dilengkapi dengan fasilitas yang sangat baik, serta dihubungkan dengan penelitian akademik dan global, sehingga diharapkan mampu memenuhi semua kebutuhan mahasiswanya. Memiliki lingkungan belajar yang sehat (daerah bebas asap rokok di dalam kampus) dan kondusif, sehingga dapat membuat mahasiswa nyaman dan aman berada di dalam lingkungan kampus. Dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya berupa;

  1. Perpustakaan
  2. Pusat Komputer dan Sistem Informasi
  3. Laboratorium Bahasa
  4. Laboratorium Komunikasi
  5. Laboratorium Hubungan Internasional
  6. Laboratorium Peradilan Semu
  7. Laboratorium Teknik
  8. Laboratorium Teknik Informasi
  9. Laboratorium Teknik Elektro
  10. Laboratorium Teknik Industri
  11. Laboratorium Biologi Teknologi
  12. Laboratorium Manajemen dan Akutansi
  13. Laboratorium Micro Teaching
  14. Laboratorium Psikologi

Sumber Daya Manusia

UAI ditangani oleh sumber daya manusia yang berkompeten dibidangnya serta berjiwa visioner. Ditambah dengan manajemen yang berkomitmen serta tim akademis yang berdedikasi dalam menciptakan manusia unggul di Indonesia. UAI juga didukung dengan dosen berpengalaman yang lulus dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

Mahasiswa Inovatif Kegiatan

UAI berhasil menciptakan Tujuh Elemen Dasar yang bertujuan untuk mengembangkan mahasiswa yang profesional dan memiliki karakter yang kuat. Hal tersebut dapat dicapai dengan program pelatihan kepemimpinan (dasar, menengah, dan lebih lanjut) yang dilakukan oleh UAI. UAI juga berupaya untuk meningkatkan mutunya sehingga mampu menghasilkan mahasiswa berkaliber dunia.

Dalam rangka mewujudkan itu semua, UAI berupaya mengundang tokoh-tokoh baik dalam maupun luar negeri, untuk datang ke UAI dan memberikan Studium General kepada mahasiswa serta tenga pendidik agar dapat meningkatkan pengetahuan sebagai bekal dalam terjun ke dunia internasional. Disamping itu, untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi oleh mahasiswanya, UAI berusaha untuk melakukan berbagai kegiatan yang dapat memacu daya kreatifitas dan inovasi tersebut. Sehingga pada akhirnya  nanti, lulusan UAI diharapkan mampu bersaing secara global.

Partner Strategis

Melalui konsep Triple Helix Collaboration (yaitu Akademik & Penelitian, Bisnis ,serta Pemerintah) UAI berupaya membangun jaringan yang luas, sehingga pada ke depannya jaringan tersebut dapat menciptakan sebuah masyarakat yang mampu menjawab tantangan dan mengatasi permasalahan yang ada.

UAI juga mengajak instansi-instasi terkait untuk ikut berpartisipasi dalam “Program Beasiswa Berkualitas”. Dimana program ini diberikan untuk mahasiswa yang memiliki kemampuan yang baik dalam pendidikan namun tidak beruntung dalam hal ekonomi.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, UAI berupaya menjalin hubungan kerjasama dengan mitra-mitra terkait. Baik mitra domestik maupun mitra global.