Improve Your Weakness To Be The Best Marketers as You Can Be !!

1 February 2018
449 Views
Comments are off for this post

Jakarta (31/1) – Menanggapi perkembangan era digital yang semakin canggih, menjadikan kita sebagai masyarakat juga harus awas diri terhadap perkembangannya dan mampu mengenali peluang besar di dalamnya. Universitas Al Azhar Indonesia bekerjasama dengan HIMPSI Jaya mengadakan seminar “Marketing, Moving From Traditional To Digital” yang diisi oleh Riadi Sughitani (an Avid Marketer with a quarter century of Asia Pasific and Eurasian Experience) dan Didi Pradnando (Marketing and Sales Manager SPM). Acara yang berlangsung di ruang serbagua lantai 2 Universitas Al Azhar Indonesia ini dihadiri oleh mahasiswa Program Studi Psikologi semester 4. Kegiatan ini diadakan guna menunjang pengetahuan mahasiswa akan dunia pekerjaan sebelum menempuh Praktek Kuliah Kerja Lapangan yang akan mereka hadapi di beberapa bulan kedepan.

Dengan judul “Marketing in Millenial Era” Riadi membuka seminar dengan pengenalan macam macam kecanggihan teknologi masa kini yang kerap kita temukan di dunia bisnis dan marketing. Yaitu seperti  Kehadiran sistem Beacon yang dapat mentransfisikan bluetooth dengan sinyal yang rendah, secara tidak langsung setiap penjaga toko mampu mengenali kesukaan konsumen melalui aplikasi/ mesin pencarian yang ada di smartphone masing masing strategi seperti ini kerap disebut dengan mobiliography. Selain membicarakan marketing, beliau juga menjelaskan kepada banyak mahasiswa tentang ketatnya persaingan marketing di era teknologi masa kini dan sebagai Pemasar yang pandai kita harus mampu menggunakan kecanggihan teknologi dalam mengolah data yang ada, untuk perkembangan marketing kedepannya.

Pemateri kedua dibawakan oleh bapak Didi Pradnando dari HIMPSI Jaya dengan judul “Unlock Your Potential & Develop Your Career in Marketing”. Berbeda dengan materi sebelumnya, kali ini yang dibahas adalah prospek kedepan karir atau pekerjaan seorang lulusan sarjana Psikologi. Banyak yang mengira bahwa sarjana psikologi hanya akan berakhir di sebidang meja HRD, namun tanpa disadari ada kaitan yang erat antara pemahaman konsep perilaku manusia yang dipelajari dalam ilmu psikologi dengan kebutuhan marketing yang ada di masa kini, inilah yang membuka peluang besar sarjana Psikologi untuk terjun ke dunia marketing. Karena Pemahaman perilaku dan kebutuhan masyarakat adalah kunci sebuah marketing yang besar dan semuanya telah dipelajari dalam kajian ilmu psikologi.

Teori yang kita dapatkan tidak selalu sejalan dengan pekerjaan yang kita dapatkan. Disini beliau mengajak mahasiswa untuk mengetahui pentingnya melihat kembali peluang bisnis besar yang juga dapat digeluti oleh masing masing sarjana Psikologi. Ditutup dengan sesi tanya jawa dan pemberian cinderamata. Acara ini sukses memotivasi seluruh mahasiswa yang hadir untuk terus mengimprovisasi diri, untuk karier yang lebih baik dimasa depan.