Wujudkan Generasi Muda Kreatif Pembangkit Bangsa di seminar FISIP Week 2018

11 May 2018
1534 Views
Comments are off for this post

“Generasi yang selalu ingin cepat itu bagus, apalagi dalam konteks studi dan karier. Tapi, kalau sudah dibilang generasi Instan itu jelas engga baik” Papar Kak Billy dalam Seminar FISIP Week 2018, di Auditorum Arifin Panigoro.

Jakarta (11/05) – Hari ini Universitas Al Azhar Indonesia diramaikan dengan kehadiran para kreator muda menarik dan inspiratif masa kini. Seminar yang merupakan rangkaian acara dari program kerja FISIP Week tahun ini, mengangkat tema “Gerasi Muda Kreatif Pembangun Bangsa” yang diisi oleh 3 narasumber yang ahli dibidangnya yaitu  Billy Boen (CEO Founder Young On Top), Ajeng Patria Meilisa (Top 5 finallis Puteri Indonesia) dan Abdur Arsyad (Aktor &Stand Up Comedian). Selain seminar, FISIP Week juga mengadakan lomba Fotografi dengan tema “Ekspresi untuk Indonesia” dan Speech & Debate dengan tema “Gizi buruk, Pendidikan Indonesia dan UU MD3” yang telah dilaksanakan pada tanggal 28 April 2018. Seminar ini sendiri dihadiri oleh beragam mahasiswa dari luar dan dalam kampus dan  berhasil memberikan energi baru bagi para peserta untuk bersama mewujudkan generasi muda yang kreatif demi Indoneisa yang lebih baik dimasa depan.

Dibuka dengan sambutan oleh Dr.Agus Surono SH.,MH.  (Wakil Rektor 1 Universitas Al Azhar Indonesia) dan  Heri Herdiawanto S.Pd.,M.SI (Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) acara segera dimulai dengan seminar pertama yang dibawakan oleh Billy Boen  dengan tema generasi muda kreatif. Pemuda yang berhasil menjadi manager di usianya yang ke 26 tahun ini menceritakan perjalanannya dalam menempuh puncak kariernya  saat ini. Billy percaya dalam membangun sebuah company atau perusahaan yang besar bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan dengan instan.  Ada tahapan dan proses yang tidak mudah untuk mencapai puncak yang kita inginkan, dan ia percaya setiap generasi memiliki kriteria dan cara masing masing sesuai dengan kondisi lingkungan pada saat itu. Perkembangan teknologi masa kini, telah membawa perubahan yang tidak sedikit pada pola pikir generasi muda. Begitupun yang Billy temukan dalam perkembangan yang dimiliki oleh generasi millenials masa kini. Ada switching pegerakan yang berubah di tahun 2016 dan 2017 yaitu dimana generasi millenials mulai memasuki lapangan pekerjaan. “Mereka, millenials kerap memiliki  purpose yang sangat besar dalam membentuk masa depannya. Inilah sesuatu yang sangat istimewa yang tidak didapati pada generasi generasi sebelumnya” paparnya yang disambut dengan riuh tepuk tangan peserta seminar yang hadir. Namun, ada hal lain yang harus diawasi dari karakter millenials itu sendiri, generasi yang telah banyak didominasi oleh perkembangan teknologi dan sosial media ini kerap memiliki keinginan segala sesuatu harus serba instan dan cepat. “Generasi yang selalu ingin cepat itu bagus, apalagi dalam konteks studi dan karier. Tapi, kalau sudah dibilang generasi Instan itu jelas engga baik” jelas Billy Boen.

Dilanjutkan dengan sesi kedua oleh Ajeng Patria yang juga berbagi pengalamannya mengikuti pemilihan putri Indonesia ditahun 2008. Yang ditutup dengan sesi pertanyaan dan pemberian kenang kenangan. Disesi terakhir seminar diisi dengan stand up comedy dari Abdur Arsyad yang berhasil memecahkan tawa seluruh penghuni auditorium. Abdur memberikan potongan cerita lucu yang tetap berkaitan dengan tema acara yaitu generasi muda yang kreatif. Acara yang diketuai oleh Syifa Afiah, mahasiswa jurusan ilmu komunikasi 2015 ini berlangsung dengan baik dari awal hingga akhir acaranya. Ia berharap seminar yang dibungkus dengan dekorasi dan materi yang sangat dekat dengan anak muda ini, mampu menyampaikan pesan besar yang kemudian diterima dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan generasi muda masa kini. Syifa percaya setiap generasi muda berisi segudang kreativitas dan aspirasi yang belum sepenuhnya tersampaikan pada publik, dan seminar ini sengaja diadakan untuk menjadi wadah bagi hal tersebut.

Belum berakhir hari ini, sabtu besok FISIP Week mengadakan Ekslusif Coffee Workshop yang diadakan di ruang diskusi Universitas Al Azhar Indonesia. Trend kopi yang digandrungi oleh generasi muda, mampu menjadi wadah tersendiri untuk terus mengembangkan kemampuan dan skill kreativitas pemuda Indonesia. Semoga kedepannya acara ini dapat terus ditingkatkan hingga semakin banyak mahasiswa yang terisnpirasi dan termotivasi untuk menciptakan Generasi Kuat, Indonesia Hebat.