Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa Teknik Elektro di International Conference on Smart Computing and Electronic Enterprise di Malaysia

2 August 2018
744 Views
Comments are off for this post

Kali ini empat orang mahasiswa Teknik Elektro Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) mempresentasikan hasil penelitiannya di International Conference on Smart Computing and Electronic Enterprise (ICSCEE) 2018 pada tanggal 11-12 Juli 2018, yang diselenggarakan oleh Al-Madinah International University di Hotel Impiana KLCC, Kuala Lumpur, Malaysia. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari yang diikuti oleh 80 orang peserta dari 50 negara, dibuka oleh keynote speaker dari mancanegara diantaranya Prof. Dr. Dawei Song dari The Open University, U.K, Prof. Dr. Tarek El-Ghazawi dari The George Washington University, U.S.A, Dr. Dzahar Mansor dari National Technology Officer, Microsoft Malaysia dan pembicara utama lainnya.

Konferensi internasional yang mengusung tema “Computing and electronic enterprise: applications, trends and future direction” ini mengundang para peneliti yang secara aktif terlibat baik dalam aspek teoritis dan praktis komputasi terkait teknologi dan perancangan elektronika terkini. Peneliti diundang untuk berkontribusi pada konferensi dengan mengirimkan artikel pada cakupan bidang-bidang berikut:

  1. Smart Computing
  2. Big Data
  3. Information Retrieval
  4. Network and Data Communications
  • Mobile, Embedded and Wireless Networks
  • Sensor Network Application and Security
  • GIS Applications
  • Optical Communications
  • Signal, Image and Video Processing
  1. Artificial Intelligence
  2. Information Systems
  3. Electronic Enterprise

Karya Ilmiah atau paper yang dipublikasikan telah melalui seleksi dan review oleh lebih dari 80 reviewer, terdiri dari reviewer lokal Malaysia dan reviewer International. Karya ilmiah yang dipublikasikan pada ajang konferensi tingkat internasional seperti ini sebagian besar adalah hasil dari penelitian ditingkat studi magister atau doctoral. Namun Alhamdulillah Empat judul paper dari Teknik Elektro UAI yang merupakan hasil penelitian ditingkat Sarjana, berhasil lolos seleksi dan dinyatakan diterima untuk dipublikasikan secara langsung (oral presentation) pada konsferensi internasional ini.

Teknik Elektro, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Al Azhar Indonesia mempublikasikan 4 judul paper, yakni dipresentasikan oleh Satyo Pradana dengan judul “Comparison Power of Semiconductor Lasers at Wavelength 1480nm Using InGaAs & InGaAsP Materials for EDFA Pumping Scheme”, Nurul Ihsan Hariz Pratama dengan judul “Design and Analysis of Generalized LED Index Modulation on FPGA”, Ali Akbar Tanjung dengan judul “Network Planning Optimization Of Long Term Evolution Radio Transmitter Using Taguchi’s Method”, dan Annisa Maulidary Muthiah dengan judul “Wireless Sensor Network Performance Evaluation on Building With Zigbee Transmission”. Empat orang mahasiswa Teknik Elektro ini menjadi pembicara pada parallel session dengan kategori topik Network and Data Communications.

Karya ilimiah yang dipublikasikan merupakan hasil penelitian Tugas Akhir/Skripsi tingkat Sarjana di Universitas Al Azhar Indonesia. Prodi Teknik Elektro UAI senantiasa mendorong mahasiswanya untuk mempublikasikan hasil penelitian tugas akhir di konferensi ilmiah pada tingkat nasional dan internasional. Para dosen aktif menggandeng mahasiswanya untuk terlibat dalam kegiatan peneltian dengan pendanaan (research grant) dari dalam universitas, KEMENRISTEKDIKTI atau dana dari pihak lainya.

Hasil penelitian yang dipublikasikan ini merupakan fokus riset dari salah satu konsentrasi bidang keahlian di Teknik Elektro UAI yaitu telekomunikasi dan mekatronika. Salah satu keunggulan Teknik Elektro UAI ialah berkonsentrasi pada fokus riset di bidang optical communication, seperti yang dituangkan pada paper yang dibawakan oleh Satyo Pradana, yakni menganalisa karakteristik amplifier optic EDFA, dan paper yang dibawakan oleh Nurul Ihsan Hariz Pratama, merancang teknik modulasi untuk komunikasi optic yang diimplementasikan pada FPGA. Paper bertema telekomunikasi wireless juga dibawakan oleh Ali Tanjung Akbar, yakni dengan tema network planning dan oleh Annisa Maulidary Muthiah dengan tema Wireless Sensor Networks (WSN) yang merupakan teknologi terkini yang dapat mendukung implementasi Internet of Things.

Paper yang sudah dipresentasikan akan dipublikasi pada database journal ternama IEEE yang sudah terindeks Scopus, dimana IEEE merupakan organisasi internasional dan merupakan komunitas global untuk berinovasi yang saat ini beranggotakan lebih dari 423.000 anggota di lebih dari 160 negara, dengan produk utamanya adalah publikasi dengan nilai siatasi yang sangat tinggi, konferensi, standar teknologi, dan kegiatan profesional dan pendidikan lainnya. IEEE merupakan forum yang bergengsi dan tepercaya untuk bidang teknik, komputasi, dan informasi teknologi di seluruh dunia. Publikasi IEEE yang diseminarkan akan terindeks Scopus, yakni merupakan lembaga pengindeks yang terpercaya. Scopus mengandung kurang lebih 22.000 judul dari 5.000 penerbit, 20.000 di antaranya merupakan jurnal tertelaah sejawat di bidang sains, teknik, kedokteran, dan juga ilmu sosial.

Publikasi karya ilmiah keempat paper ini didukung oleh PT Pertamina. PT Pertamina memberikan dukungan kepada empat orang mahasiswa UAI yang mewakili peneliti dari Indonesia untuk mempresentasikan hasil penelitiannya di ajang internasional bergengsi ini.