Mengajak Para Siswa Belajar Ilmu Komputer

6 August 2018
1401 Views
Comments are off for this post

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, masyarakat dituntut untuk dapat menggunakan gadget sebagai alat berkomunikasi. Kini, hampir seluruh usia dapat menggunakan gadget, terutama siswa siswi sekolah. Sabtu kemarin, Program Studi Informatika Universitas Al Azhar Indonesia mengadakan seminar sekaligus workshop Hour of Code dengan peserta SMA Al Azhar  1, SMA Al Azhar 2, dan SMA Al Azhar 3. Seminar dan workshop tersebut merupakan acara lanjutan dari Hour of Code 8 Desember 2017.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Rektor Universitas Al Azhar Indonesia, Prof. Dr. Ir. Asep Saefudin, dan dilanjutkan seminar yang di isi oleh salah satu dosen dari prodi Informatika Bapak Dr. Ir. Ade Jamal, yang berjudul “Semua Siswa Sekolah Harus Belajar Ilmu Komputer” pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan pentingnya ilmu komputer untuk siswa sekolah. Sehingga, siswa tidak hanya menggunakan teknologi tapi dapat menciptakan teknologi. Salah satu caranya adalah dengan Hour of Code.

Pada acara ini para siswa/i melakukan coding selama satu jam dengan dibantu oleh tentor dari mahasiswa prodi Informatika. Hour of Code sendiri merupakan sebuah program dari website code.org, oleh sebab itu para siswa melakukan coding pada website tersebut dengan tampilan yang menarik dan dibuat agar siswa merasa seperti bermain game. Dengan meng-coding siswa diharapkan dapat mengasah logika untuk melakukan perintah pada game dengan secepat cepatnya dan dengan line yang sedikit. Pada akhir acara para siswa mendapatkan sertifikat bahwa mereka telah melakukan coding selama satu jam dan berfoto bersama.