Bersama dalam Nada, Bersatu untuk Sesama di Bilik Nada 2018

26 September 2018
303 Views
Comments are off for this post

Jakarta (23/09)– Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOMIK) Universitas Al-Azhar Indonesia kali ini mengadakan acara Bilik Nada 2018 dengan tema “Dari Kami untuk Semua” dan tagline “Bersama dalam Nada, Bersatu untuk Sesama.” Bilik Nada 2018 merupakan sebuah pertunjukan musik yang diadakan oleh KOMIK dan bekerja sama dengan komunitas Penyanyi Jalanan, Bambu Tuli Bekasi dan  KAMI (Kelompok Alumni Mahasiswa Ilmu Komunikasi UAI). Acara ini juga dimeriahkan oleh kedatangan bintang tamu Jason Ranti dan Diskopantera. Kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan sebagai salah satu program kerja KOMIK ini akan diselenggarakan di GOR Tinju Bulungan pada Minggu, 23 September 2018.

Bilik Nada 2018 merupakan acara musik pertama yang diselenggarakan oleh KOMIK periode 2017/2018. Acara ini juga merupakan program kerja penutup bagi KOMIK dan akan menjadi program kerja tetap KOMIK ditahun selanjutnya. Selain karena tingginya ketertarikan mahasiswa dalam memainkan maupun menikmati musik, musik sendiri mampu menjadi alat pemersatu bangsa karena merupakan bahasa universal yang dapat  menciptakan perdamaian, solidaritas kemanusiaan, serta dapat memadukan adanya perbedaan dalam suatu lingkup sosial. Diselenggarakan untuk yang pertama kalinya, Bilik Nada 2018 mengambil tema “Dari Kami untuk Semua” yang memiliki tujuan untuk memberikan rasa keadilan dan keselarasan di tengah  keberagaman suku, ras, agama, dan budaya. Maka semakin kini, mahasiswa diharapkan dapat terus berkarya, menciptakan beragam seni dan aksi untuk menyatukan budaya indonesia yang berbeda, yang membuat berbeda dengan acara acara lainnya adalah acara ini mendatangankan salah satu volunteer dari komunitas Bambu Tuli Bekasi.  Di mana mereka akan menerjemahkan beberapa musik yang dimainkan oleh masing-masing musisi menggunakan bahasa isyarat, sehingga dapat dinikmati oleh teman-teman tunarungu. Ide ini dimunculkan karena keinginan panitia penyelenggara agar dapat memberikan pengaruh yang lebih dari sekedar pertunjukan musik.

Selain penampilan dari bintang tamu Jason Ranti dan Diskopantera, Bilik Nada 2018 akan diramaikan dengan penampilan dari band-band pilihan yaitu : Dujang Band, Supermasi Hukum, The Marlong, Duasisi, Maut, 37 Degrees, Project X dan The Sins. Dilengkapi dengan bazaar makanan dan minuman yang tersedia di sekitar arena panggung, acara yang ini semakin lengkap menampilkan genre musik yang berbeda dari tiap band yang ada. Ditutup dengan penampilan apik dari diskopantera acara Bilik Nada 2018 yang berlangsung mulai pukul empat sore berlangsung sangat meriah, setiap penonton yang hadir mampu menikmati musik musik yang disajikan oleh panitia dari band yang terpilih, semoga kedepannya semakin banyak kegiatan mahasiswa yang positif sehingga dapat memberikan dampak baik bagi banyak generasi muda.