ASEAN Day, Siapkan Generasi Muda Untuk Menghadapi Tantangan Global

31 October 2018
216 Views
Comments are off for this post

Senin (29/10) – Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) bekolaborasi dengan Sekretariat ASEAN (ASEC) dan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu) mengadakan kegiatan dalam rangka peringatan ulang tahun ke-51 ASEAN bernama ASEAN Day. Bertempat di Auditorium Arifin Panigoro UAI, kegiatan berlangsung sangat meriah. Salah satu spot yang menarik perhatian mahasiswa adalah ASEAN Trivia Booth. Di­-booth ini para mahasiswa, yang datang dari berbagai fakultas, dapat mengetahui lebih jauh mengenai ASEAN melalui pertanyaan-pertanyaan berhadiah yang disediakan oleh ASEC. Selain mahasiswa UAI, acara ini juga dihadiri oleh mahasiswa/i dari Universitas Budi Luhur.

Selain itu, seminar yang diadakan juga tidak kalah menarik. UAI dengan ASEAN & Kemlu sepakat untuk mengangkat tema ASEAN Youth Entrepreneur. Hal ini karena kegiatan wirausaha di kalangan pemuda/i sedang marak dilakukan. Tentunya tema entrepreneur tersebut juga sejalan dengan tujuan UAI sebagai enterprising university.

Lebih lanjut, seminar dihadiri oleh 3 pembicara yang ahli dibidangnya, seperti Mr. Lee Yoong Yoong sebagai Director of Community Affairs Directorate of ASEAN Secretariat, Mrs. Andante Widi Arundhati (Head of Cooperative Institution, Ministry of Foreign Affairs Indonesia), dan Mr. Suryo Arianto Nugroho (Senior Officer of Stakeholder Engagement, ASEAN Secretariat).

Pada kesempatan ini, Mr. Lee Yoong Yoong menyampaikan sejarah singkat berdirinya ASEAN disertai dengan prospek ASEAN di masa depan untuk menjadi salah satu organisasi regional yang unggul. Menurut beliau peran generasi muda sangatlah penting untuk membantu mewujudkan visi dan misi ASEAN kedepannya. “From Aceh to Jayapura, so many language, so many culture and how you bring ASEAN closer to the global people” ujar beliau menjelaskan tantangan yang harus dihadapi oleh generasi masa kini. Sedangkan Mrs. Andente menyampaikan pandangan pemerintah Indonesia mengenai ASEAN. Kemudian, Mr. Suryo, yang juga mewakili generasi muda, menjelaskan entrepreneurship di kalangan muda ASEAN.

Ditutup dengan foto bersama dan penyerahan cinderamata, acara yang juga menjadikan wadah kerjasama Universitas dengan ASEC dan Kemenlu ini agar terus dapat diteruskan setiap tahunnya, acara ini juga bisa menjadi ajang para mahasiswa/i untuk terus membuka jendela dunia dengan pengetahuan global yang luas “So, be proud of it, even we are small its not mean that we are weak, we have to bring ASEAN are knowing by global” ujar Mr. Lee Yoong Yoong sebagai kalimat motivasi bagi generasi mudah agar terus maju dan berkarya.