Millenial Belajar Finansial Bersama Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOMIK)

23 March 2019
421 Views
Comments are off for this post

Jakarta (23/03)- Generasi millennials adalah generasi yang dinamis. Generasi ini sangat adaptif dan cepat sekali belajar karena ikut tumbuh beriringan dengan kemajuan teknologi. Banyak dari mereka yang sudah memiliki penghasilan di usia muda dengan berbagai keterampilan dan kemampuan yang mereka miliki. Namun, jauh dibelakang itu tak semuanya mengerti bagaimana mengelola uang yang mereka miliki. Mengatur keuangan hasil usaha maupun pribadi memiliki struktur dan cara yang cukup berbeda. Jika menghasilkan uang adalah usaha yang cukup mengasah keringat, maka mengatur keuangan adalah usaha yang cukup membutuhkan tekad yang ulet. Demi mengatasi masalah yang mulai mengakar di tiap generasi muda ini, timbul inisiatif dari Korps Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOMIK) yang bekerjasama dengan Cognitio untuk membuat seminar yang membahas mengenai “Financial Planning for Millenials”. Acara yang diselenggarakan sabtu kemarin ini juga turut mengundang Certified Financial Planner, Metta Anggriani dan Learning & Development Specialist, Denny Firmanto sebagai pembicara acara.

Dibuka oleh Mas Denny sebagai pembicara pertama, beliau mengenalkan banyak bagaimana menciptakan dan mewujudkan sebuah goals dalam kehidupan. Generasi millenialas adalah generasi yang kini berada dalam masa yang sangat produktif untuk berkarya, maka tak heran semangat dan kreatifitasnya sangat tinggi dan tentunya patut diapresiasi. Namun ternyata membuat sebuah goals sehingga nantinya bisa diwujudkan juga memiliki strategi tersendiri. Menurut Mas Denny ada 5 point penting yang harus diperhatikan dalam membentuk sebuah goals, yaitu SMART (smart, measurable, achievable, relevant, timely). Yaitu, dimana sebuah goals harus diciptakan dengan memiliki spesifikasi bagaimana dan dimana goals itu akan terwujudkan nantinya serta terukur (measurable) seberapa besar, dan dengan usaha seperti apa kelak kita akan mewujudkannya. Achievable, karena sejauh ini kitalah yang memahami kemampuan dan kapasitas diri kita, membuat goals yang sesuai dengan kemampuan kita akan lebih mempermudah terwujudnya goals tersebut. Dan dilengkapi dengan dua point terakhir yaitu Relevant dan Timely juga satu hal yang tak kalah penting yaitu doa. “set your goals as smart as you can” ujarnya kepada mahasiswa yang hadir.

Berbicara mengenai goals, tentunya harus ada finansial yang sehat dibelakangnya. Setelah membahas bagaimana menciptakan goals yang baik, Kak Meta sebagai Certified Financial Planner akan menjabarkan bagaimana menciptakan finansial yang baik untuk tercapainya produktifitas yang baik pula. Pada sesi inilah segala keresahan mengenai finansial dikupas tuntas. Membahas apa yang perlu millennials persiapkan sejak dini, bagaimana mengatur pengeluaran sehari sehari hingga diajak melek soal investasi. Berlangsung dengan sangat aktif dan interaktif semoga acara ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi untuk memperbaiki kondisi finansial millennials masa kini.