skip to Main Content
Kuliah Umum Kehumasan  Bersama Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia   

Kuliah Umum Kehumasan Bersama Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Al Azhar Indonesia  

 

Jakarta (14/12)- Melihat meningkatnya minat mahasiswa terhadap bidang kehumasan, Kampus dirasa perlu mengenalkan lebih lanjut bagaimana gambaran dunia kerja Kehumasan yang seseungguhnya. Oleh karena itu, kali ini civitas akademika Universitas Al azhar Indonesia bekerjasma  dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi DKI Jakarta mengadakan kuliah umum dengan tema “Pengembangan dan Pengelolaan Kemitraan dan Kerjasama Kehumasan” (goverment public relation) di Auditorium Arifin Ponigoro lantai 3. Acara ini diisi oleh Dr. Dyah Sugiyanto (pakar komunikasi LIPI) dengan tema “The old and the new government public relation” dan Syali Gestanon (Humas Pemprov DKI Jakarta) dengan tema “Bidang informasi public” dihadiri oleh dekan dan dosen Program Studi ilmu komunikasi acara ini berlangsung ramai dengan pastisipasi aktif mahasiswa ilmu komunikasi yang hadir.

Dalam diskusinya Dr. Dyah Sugiyanto menjelaskan bahwa saat ini Humas dalam setiap perusahan kerap mengalami sebuah krisis, yaitu dimana bagian Humas dihadapkan pada sebuah konflik yang harus diatasi dengan strategi yang didasari dengan mengetahui potensi dari isu yang ada. Disini Humas dituntut untuk tidak hanya menguasai teknis, tidak hanya mengurusi urusan hubungan masyarakat, tapi juga harus memahami strategi untuk mengatasi konflik yang ada. Sedangkan dalam Humas pemerintahan yang memiliki ruang linkup yang berbeda. Keberadaan humas dituntut untuk lebih sigap dan tanggap terhadap isu isu politik maupun masyarakat yang ada. Lain hal dengan humas perusahaan yang berfokus pada branding sebuah produk, humas pemerintahan justru cenderung kepada pelayanan masyarakat. Seperti Contohnya Dalam gambaran besar Humas pemerintahan mengurusi  ribuan kelahiran manusia yang ada. Karena pengawasan proses pembuatan akte kelahiran disetiap daerah merupakan salah satu kegiatan Humas pemerintahan. Selain itu Humas pemerintahan juga bertugas mengatur konten yang tersebar di media konvensional maupun media sosial.

Merupakan suatu keharusan bagi Universitas Al Azhar Indonesia untuk terus menggerakan mahasiswanya dalam mengikuti berbagai Kuliah Umum, menggunakan metode pembelajaran diluar ruangan agar mahasiswa mampu mengenal masalah yang berkaitan dengan jurusannya dalam kehidupan sehari hari.  Oleh karena itu dalam kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat lebih mengenali bidang Public Relation dalam  dunia pekerjaan untuk industri sebuah produk maupun public relation pemerintahan.

Back To Top