skip to Main Content
Rektor Dan Sivitas Akademika Universitas Al-Azhar Indonesia Ucapkan Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia Dan Hari Laut Sedunia 

Rektor dan Sivitas Akademika Universitas Al-Azhar Indonesia Ucapkan Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Laut Sedunia 

Rektor dan seluruh sivitas akademika Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) mengucapkan Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Laut Sedunia. Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang dirayakan setiap tanggal 5 Juni, merupakan sebuah peringatan global untuk meningkatkan kesadaran dalam melindungi dan melestarikan lingkungan hidup makhluk hidup di bumi, sedangkan Hari Laut Sedunia adalah peringatan global setiap tanggal 8 Juni tentang pentingnya perlindungan serta upaya konservasi lautan.  

 Hari Lingkungan Hidup Sedunia pertama kali dirayakan pada 5 Juni 1972 setelah ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui Konferensi Stockholm tentang lingkungan hidup. Penetapan Hari Lingkungan Sedunia beriringan dengan pendirian United Nations Environment Programme, institusi di bawah naungan PBB yang berperan dalam mengoordinasikan aktivitas-aktivitas perlindungan lingkungan dan menggalakkan kebijakan sustainable development goals. Pada saat itu, penetapan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dilakukan oleh PBB karena merasa yakin bahwa perubahan positif untuk Bumi dapat terjadi jika memperjuangkan isu-isu lingkungan. Pada tahun 2024, perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia akan dirayakan oleh PBB di Arab Saudi, yang berfokus pada restorasi lahan, desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan.  

Hari Laut Sedunia pertama kali ditetapkan pada tanggal 8 Juni 2002 ketika berlangsungnya konferensi tentang Pembangunan Berkelanjutan yang berlangsung di Johannesburg, Afrika Selatan. Penetapan Hari Laut sedunia dilaksanakan berdasarkan usulan yang pernah disampaikan selama Konferensi Bumi di Rio de Janeiro, Brazil, pada tahun 1992. Hari Laut Sedunia resmi diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui Resolusi Majelis Umum 63/111 pada tahun 2009. Alasan dibalik peresmian Hari Laut Sedunia yaitu sebagai upaya mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga lingkungan lautan.  

 Dalam menanggapi Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Laut Sedunia, Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., menyampaikan pesan serta harapan semoga kegiatan bakti alam yang diselenggarakan oleh Magister Pengelolaan Sumber Daya Alam Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Al-Azhar Indonesia dapat memberikan manfaat untuk menjaga harmoni mangrove dan laut sebagai penjaga warisan Nusantara.  

 

 

Back To Top